Home Olahraga Menang, Jojo dan Vito Akan Berhadapan di Babak 16 Besar Indonesia Masters

Menang, Jojo dan Vito Akan Berhadapan di Babak 16 Besar Indonesia Masters

Jakarta, Gatra.com - Dua wakil tunggal putra, Shesar Hiren Rhustavito dan Jonathan Christie, berhasil melaju ke babak 16 besar Indonesia Masters 2023. Berlaga di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (24/1), dalam babak 32 besar, keduanya mampu menaklukkan lawan masing-masing.

Vito mampu mengalahkan wakil India, Srikanth Kidambi, melalui straight game, 21-10, 24-22. "Pertama bersyukur alhamdulillah hari ini bisa bermain maksimal, bisa menang pertandingan di babak pertama ini," ujarnya dalam konferensi pers usai laga, Rabu (25/1).

Terus memimpin sejak awal pertandingan, Vito berhasil menjaga keunggulan hingga akhir game pertama. Memimpin 11-6 saat interval, poin demi poin terus dikumpulkan Vito yang membuatnya mengambil game pertama.

Baca Juga: Copa del Rey: Barcelona Ditantang Real Sociedad, Derby Madrid Ramaikan Babak 8 Besar

Pada game kedua, kejar-kejaran poin sempat terjadi di awal laga. Imbang 3-3, 5-5, Srikanth mampu memimpin 11-8 saat interval. Tertinggal 17-19, Vito terus mengejar dan berhasil unggul 20-18. Pemain India menolak menyerah dan terus menyerang sehingga berhasil menyamakan kedudukan 20-20. 
Setelahnya, kedua pemain saling bergantian meraih poin. Namun, Vito mampu menuntaskan permainan dengan skor akhir 24-22. "Dari awal berpikir tidak boleh tegang atau fokusnya hilang. Itu yang harus diperhatikan lagi," lanjutnya.

Vito mengaku bahwa kemenangan hari ini membangkitkan kepercayaan dirinya lagi. Terlebih, dalam dua turnamen sebelumnya, ia kalah di babak pertama.

"Untuk menambah kepercayaan diri sangat penting, karena di awal turnamen Malaysia Open dan India Open, cukup disayangkan di babak awal karena seharusnya bisa menang," terangnya.

Baca Juga: Australian Open: 4 Petenis Amankan Tiket Semifinal, Siapa Lawan Siapa?

Sementara di laga lainnya, Jojo mampu menang atas wakil Irlandia, Nhat Nguyen, melalui rubber game, 21-23, 21-11, 21-6. "Di set pertama mungkin adaptasinya agak sedikit lambat karena kondisi angin dan shuttlecock," kata Jojo saat konferensi pers usai laga, Rabu (25/1).

Pada awal game pertama, Jojo mampu memimpin 11-9 saat interval. Menerapkan pola permainan cepat, permainan lawan justru semakin berkembang. Menyamakan kedudukan 19-19, Nhat berhasil mengambil poin demi poin dan menang 23-21.

"Set pertama sebenarnya sayang, sih, sudah leading tapi kelihatan lawan lebih berani di permainan depan, jadi beberapa kali cukup menyulitkan saya juga. Hasilnya dia dapat poin dari situ," ucapnya.

Baca Juga: Babak 32 Besar Indonesia Masters 2023: Meilysa/Rachel Kalah dari Wakil Amerika

Pola permainan cepat tidak lagi diterapkan oleh Jojo. Bermain reli coba diterapkan di game kedua. Hasilnya, ia mampu mendominasi jalannya pertandingan dan memaksakan rubber game. Terus mendominasi, Jojo berhasil memimpin poin sepanjang jalannya game ketiga.

"Set kedua saya coba buat lebih tenang, lebih sabar. Di reli dia fisiknya tidak terlalu bagus. Itu yang saya terapkan tadi, coba buat sedemikian mungkin supaya dia banyak lari," ujarnya.

Dengan kemenangan ini, Vito dan Jojo akan berhadapan di babak 16 besar, Kamis (26/1). Keduanya mengaku telah mengetahui kekurangan dan kelebihan masing-masing, sehingga akan mengeluarkan kemampuan terbaiknya di laga mendatang.

"Saya rasa besok akan seru, beda atmosfernya. Tinggal penerapan strateginya saja. Setiap lapangan anginnya cukup beda. Itu yang mungkin akan mempengaruhi jalannya pertandingan besok," kata Jojo.

30