Home Nasional Ketua DKPP Ajak Jaga Stabilitas Politik Nasional Jelang Pemilu 2024

Ketua DKPP Ajak Jaga Stabilitas Politik Nasional Jelang Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Heddy Lugito, mengungkapkan pentingnya menjaga dan memperhatikan stabilitas politik nasional.

Pernyataan tersebut ia sampaikan saat menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI di Gedung Nusantara, Jakarta Pusat, Senin, (6/2/2023).

Baca Juga: Jelang Akhir Januari, DKPP Tangani 76 Aduan Pelanggaran Kode Etik Pemilu

“Penting untuk kita jaga stabilitas politik agar tidak terjadi lonjakan–lonjakan yang terjadi di masyarkat,” tutur Heddy.

Heddy menegaskan, sejatinya peraturan yang sudah ada telah mengakomodir upaya tersebut sesuai dengan Undang-Undang. Akan tetapi, ia berpendapat, upaya tersebut harus terus diiringi junjungan tinggi pada prinsip demokrasi, kemanusiaan, dan tanpa diskriminasi.

Pasalnya, ini akan menjadi dasar bagi penyelenggara pemilu, peserta pemilu, stakeholders terkait, serta masyarakat sebagai pemilih.

“Pemilu harus menjaga hak konstitusional semua warga negara, tanpa membedakan ras, agama, suku, adat, dan budaya,” tegas Heddy.

Baca Juga: Teror Politik! Akan Gelar Acara dengan Anies Baswedan, Rumah Mantan Gubernur Banten Dilempar Sekarung Kobra

Sebagai informasi, RDP ini membahas Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang daerah pemilihan dan alokasi kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Saat menghadiri RDP di DPR, Heddy Lugito juga didampingi Anggota DKPP, J.Kristiadi, Ratna Dewi Pettalolo, Muhammad Tio Aliansyah, dan I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi.

125