Home Politik Survei IPS: Ridwan Kamil Puncaki Elektabilitas Cawapres di Pemilu 2024

Survei IPS: Ridwan Kamil Puncaki Elektabilitas Cawapres di Pemilu 2024

Jakarta, Gatra.com - Lembaga survei Indonesia Polling Station (IPS) merilis hasil survei terbaru mereka, terkait perkembangan elektabilitas calon presiden (Capres), calon wakil presiden (Cawapres), maupun partai politik, setahun jelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo muncul sebagai dua tokoh dengan elektabilitas tertinggi, dalam survei pertanyaan terbuka, di mana responden menyebutkan sebuah nama yang pertama kali muncul di benak mereka (top of mind).

"Hasil survei IPS memperlihatkan bahwa Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo ternyata paling banyak disebut oleh responden secara spontan. Sebanyak 13,5 persen responden menyatakan Ridwan Kamil sebagai sosok yang paling tepat untuk menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia mendatang, sedangkan Ganjar Pranowo disebut oleh 12,4 persen responden," jelas Peneliti Senior IPS Alfin Sugianto, dalam rilis hasil survei terbaru IPS, Selasa (28/2).

IPS pun menyoroti bagaimana sejumlah nama yang juga masuk dalam bursa Capres pada Pemilu 2024 mendatang, seperti Ganjar Pranowo dan Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, turut masuk dalam bursa Cawapres tersebut. Di mana, elektabilitas Anies sebagai Cawapres dapat mencapai 8,6 persen.

Baca Juga: Ridwan Kamil Dianggap Bisa Dongkrak Suara Golkar untuk Pemilih Muda

"Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo, meskipun [masuk] menjadi Calon Presiden dengan elektabilitas tinggi, [ternyata] juga banyak responden yang menilainya lebih pantas menjadi wakil presiden," kata Alfin.

Sebagai informasi, dalam satu rangkaian survei yang sama, IPS mencatat bahwa nama Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan berhasil menempati posisi tiga besar dalam daftar elektabilitas tokoh dalam bursa capres. Mereka berada tepat di bawah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Di samping itu, dalam pertanyaan terbuka tersebut, nama Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) RI Erick Thohir serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno juga masuk dalam daftar 4 teratas peringkat elektabilitas Cawapres tersebut. Di mana, elektabilitas Erick mencapai 9,8 persen, sedangkan elektabilitas Sandiaga mencapai 9,7 persen.

Berbeda dengan hasil elektabilitas cawapres pada pertanyaan terbuka, nama Sandiaga Uno berhasil menempati posisi kedua atau satu peringkat di bawah Ridwan Kamil, dalam survei dengan pertanyaan tertutup, di mana responden diminta memilih salah satu dari sejumlah nama yang diberikan oleh lembaga survei tersebut.

"Hasil survei IPS menunjukkan bahwa dalam format pertanyaan tertutup, Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno tetap paling banyak dipilih responden sebagai wakil presiden jika Pilpres (Pemilihan Presiden) dilaksanakan saat ini," kata Alfin Sugianto.

Baca Juga: Resmi, Ridwan Kamil Gabung Golkar Sebagai Waketum dan Co-Chair Bappilu

Adapun, dalam survei format pertanyaan tertutup itu, Ridwan Kamil berhasil meraup elektabilitas dengan persentase sebesar 21,8 persen, sementara elektabilitas Sandiaga Uno mencapai 15,5 persen. Sementara itu, beberapa tokoh lain, seperti Erick Thohir, Agus Harimurti Yudhoyono, maupun Moeldoko juga tampak memiliki tingkat keterpilihan yang signifikan sebagaimana tercatat dalam hasil survei tersebut.

147