Home Sumbagsel Pesan Kemenag untuk CJH: Jangan Sungkan Minta Bantuan Petugas

Pesan Kemenag untuk CJH: Jangan Sungkan Minta Bantuan Petugas

Palembang, Gatra.com - Kementerian Agama (Kemenag) bertekad memberikan pelayanan terbaik kepada Calon Jamaah Haji (CJH) Indonesia. Jamaah haji diminta tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan petugas.

“Nanti petugas ada di mana- mana, jangan sungkan menegur petugas, kami semua siap membantu, kami siap melayani,” ujar Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, H. Ramadhan Harisman di Palembang, Rabu (31/5).

Menurutnya, hal tersebut sudah menjadi tekad baik Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melayani jamaah haji. “Kami sudah mewakafkan diri kami semua untuk melayani jamaah haji. Nanti bila bapak ibu kesusahan, bapak temui petugas di sana yang pakai rompi hitam,” kata dia.

Ramadhan juga meminta kepada petugas terus menjaga komunikasi dengan jemaah, serta selalu memonitor kondisi jemaah. Selain itu, jamaah haji pun diminta untuk senantiasa menjaga kesehatan karena di Arab Saudi cuaca sangat panas, di samping itu kelembapan udara cukup rendah sehingga jamaah diminta menjaga asupan minum serta jangan terpapar langsung dengan sinar matahari.

Baca Juga: Demensia Berat, Satu Calon Jemaah Haji dari Demak Dipulangkan

“Arab Saudi sudah masuk musim panas, kelembapan juga cukup rendah sehingga kita tidak merasa cukup haus padahal kita butuh banyak minum. Jangan terpapar langsung dengan sinar matahari,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemondokan di Madinah nanti relatif cukup dekat, sedangkan di Mekkah jamaah Sumsel akan tinggal di wilayah Syisah. Daerah tersebut cukup jauh dari Masjidil Haram, namun pemerintah telah menyiapkan Bus Shalawat yang stand by 24 jam untuk membawa jemaah pergi pulang ke Masjidil Haram.

“Bapak/ibu jaga kesehatan, menjelang wukuf jaga kesehatan, kondisi sehat sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan baik, karena ibadah haji itu saat wukuf di Arafah nanti, maka jaga kesehatan, selamat semoga diberikan kemudahan dan kembali dengan selamat menjadi haji yang mabrur dan maabruroh,” ujar dia.

Baca Juga: Kemenag: Usulan Kenaikan Biaya Haji Mungkin Tidak Populer, Tapi…

Sementara Itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Sumsel, Syafitri Irwan, menjelaskan bahwa untuk total CJH Embarkasi Palembang yang berangkat berjumlah 1.414 orang.

Dia juga berpesan kepada semua CJH Embarkasi Palembang untuk menjaga nama baik Bumi Sriwijaya dan Indonesia. “Selamat menunaikan ibadah haji. Mudah-mudahan diberi kemudahan, kelancaran menjalankan ibadah haji selamat kembali ke Tanah Air menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” kata dia.

54