Home Politik Banyak Kiai Bersimpati, Suara Gusdurian Potensi ke Prabowo di Pilpres 2024

Banyak Kiai Bersimpati, Suara Gusdurian Potensi ke Prabowo di Pilpres 2024

Jakarta, Gatra.com - Calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai semakin dekat dengan Gusdurian pasca pertemuannya dengan putri Gus Dur, Yenny Wahid. Pertemuan tersebut dianggap semakin menguatkan adanya indikasi Yenny ada di kubu Prabowo.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul. Ia menyatakan ada peluang jaringan Gusdurian melabuhkan dukungannya kepada Prabowo pada kontestasi Pilpres 2024. Sinyal tersebut jelas setelah kunjungan Yenny Wahid ke kediaman Prabowo.

“Sebenarnya suara NU atau Gusdurian bisa jelas walaupun Gusdurian tidak secara verbal mengungkapkan ke Prabowo, tapi setidaknya ini memberikan tanda bahwa Gusdurian bisa ke Prabowo,” kata Adib dalam keterangannya, Jumat (8/9).

Baca juga: Pemimpin Indonesia Harus Paham Geopolitik, Yenny Wahid: Prabowo Punya Kemampuan

Kendati demikian, Adib meyakini untuk sampai pada tahapan dimana Gusdurian memberikan dukungannya kepada Prabowo hal itu masih terlampau jauh. Lantaran manuver hingga silaturahmi politik jelang Pilpres 2024 akan semakin bermunculan.

Namun, ia menegaskan pasca resminya pasangan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar, setidaknya kejadian tersebut bisa memacu kandidat capres lainnya untuk segera mengumumkan cawapres pilihannya.

“Manuver silaturahmi politik ini kan pasti eskalasinya akan naik,” terang Adib.

“Karena pasca Anies–Cak Imin bergabung, setidaknya ini menimbulkan spekulasi-spekulasi untuk membuat formulasi-formulasi duet politik yang mau daftar ke KPU,” imbuh Adib.

Baca juga: Gerindra Klaim Pertemuan Prabowo-Yenny Wahid Bukan Reaktif Atas Duet Anies-Cak Imin

Sebelumnya, pertemuan Prabowo dan Yenny Wahid memang mengundang perhatin banyak pihak. Di dalam pertemuan tersebut, Yenny menegaskan bahwa jelang Pilpres 2024, Prabowo merupakan sosok pemimpin yang tepat untuk memimpin Indonesia periode berikutnya.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan, para kiai dan ulama yang ada di NU memiliki simpati serta perhatian yang besar terhadap Prabowo.

“Saya tambahin, bahwa banyak kiai-kiai NU yang punya simpati besar untuk Pak Prabowo,” kata Yenny Wahid.

160