Home Lingkungan Sebanyak 29 Perusahaan Raih Penghargaan Sustainability KCSA dalam SAFE 2023

Sebanyak 29 Perusahaan Raih Penghargaan Sustainability KCSA dalam SAFE 2023

Jakarta, Gatra.com- Sebanyak 29 perusahaan dalam tujuh sektor yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta perusahaan negara (BUMN) memperoleh penghargaan “Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) 2023” yang diberikan oleh Katadata Insight Center, unit riset yang merupakan bagian dari Katadata. Pemberian award ini merupakan bagian rangkaian acara Katadata Sustainability Action for The Future Economy (SAFE) 2023.

Tujuh sektor tersebut adalah keuangan (finance), pertambangan (mining), perkebunan (plantation), makanan dan minuman (food and beverage), transportasi dan logistik (transportation and logistics), bahan kimia (chemicals), dan energi energy). Selain berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, perusahaan-perusahaan ini juga mengutamakan prinsip keberlanjutan dalam kegiatan bisnis mereka.

“Perusahaan-perusahaan terus telah menunjukkan komitmen untuk membangun rantai nilai berkelanjutan, serta bertanggung jawab melindungi lingkungan, keanekaragaman hayati, serta meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya sambil meminimalisir dampak ekologis dari bisnis mereka,” kata Direktur Katadata Insight Center, Adek Media Roza di Jakarta, Selasa (26/9). 

Baca juga: Presdir PT BNP Paribas: Potensi Investasi Berkelanjutan Terbuka Lebar

Adek menjelaskan, penilaian KCSA mengacu pada persyaratan dari Peraturan OJK (POJK) No. 51/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik dan SEOJK No, 16/2021 tentang Bentuk dan Isi Laporan Tahunan Emiten atau Perusahaan Publik. Penilaian utama Katadata Corporate Sustainability Index berdasarkan pada ketersediaan data setiap perusahaan dari Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) terbaru dan dapat diakses melalui situs perusahaan per Juni 2023.

Secara umum, Katadata menilai aspek ESG (Environmental, Social, dan Governance), yang meliputi sub-aspek pelaporan biaya lingkungan hidup, material ramah lingkungan, energi, keanekaragaman hayati, emisi, limbah dan efluen. Selanjutnya aspek lain yang dinilai, yaitu pengaduan lingkungan, air, pembiayaan (khusus sektor finance), ketenagakerjaan dan masyarakat, tata kelola berupa sertifikasi dan keberagaman dewan direksi.

Adapun, perusahaan yang meraih penghargaan KCSA di sektor Finance, yaitu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), PT Bank Central Asia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Di sektor Mining, penghargaan diraih oleh PT Mitrabara Adiperdana Tbk, PT Vale Indonesia Tbk, PT TBS Energi Utama Tbk, dan PT Prima Andalan Mandiri Tbk.

Baca juga: Penghargaan 25 Tokoh untuk Pejuang Penanganan Covid-19

Di sektor Plantation, Katadata memberikan penghargaan penghargaan kepada PT Dharma Satya Nusantara Tbk, PT Pinago Utama Tbk, PT Salim Ivomas Pratama Tbk, dan PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk. Sedangkan di sektor F&B yang menjadi penerima penghargaan adalah PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company Tbk, PT Diamond Food Indonesia Tbk, dan PT Akasha Wira International Tbk.

Di sektor Transportation & Logistics, penghargaan diraih oleh PT Wintermar Offshore Marine Tbk, PT Mitra Investindo Tbk, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Logindo Samudramakmur Tbk. Di sektor Chemicals, PT Avia Avian Tbk, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, PT Samator Indo Gas Tbk, dan PT Pupuk Indonesia (Persero) yang menjadi penerima penghargaan. Terakhir, di sektor Energy, penghargaan diberikan kepada PT Pertamina Geothermal Energy Tbk, PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Rukun Raharja Tbk, PT Pertamina (Persero).

Selain menghargai komitmen perusahaan di sektor sustainability, pemberian apresiasi KCSA ini juga untuk mendorong perusahaan agar memaparkan data-data secara lengkap. Hasil penilaian tersebut bentuk dukungan terhadap pembiayaan berkelanjutan dari lembaga pembiayaan, serta rujukan untuk bisnis berkelanjutan dari hulu hingga hilir. Apresiasi KCSA pertama kali diberikan pada 2022 dan akan terus berlangsung setiap tahun.

242