Home Internasional Israel Perintahkan Truk Bantuan dari Perbatasan Rafah Dihentikan Masuk Gaza

Israel Perintahkan Truk Bantuan dari Perbatasan Rafah Dihentikan Masuk Gaza

Gaza, Gatra.com - Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengumumkan bahwa pasukan pendudukan Israel telah memblokir atau menahan masuknya bantuan melalui penyeberangan darat Rafah.

Wafa Palestina melaporkan, Jumat (1/12), PRCS, dalam sebuah pernyataan, mengatakan bahwa otoritas pendudukan telah menginformasikan keputusannya untuk mencegah organisasi dan entitas yang bekerja di Penyeberangan Darat Rafah, membawa truk bantuan dari wilayah Mesir ke Jalur Gaza mulai malam ini hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Keputusan Israel memerintahkan penyeberangan tersebut untuk “dibersihkan” dari truk-truk di sisi Palestina sesegera mungkin.

PRCS menekankan bahwa keputusan ini memperburuk penderitaan warga negara, dan semakin memperbesar tantangan yang dihadapi oleh organisasi kemanusiaan dan bantuan yang berupaya meringankan penderitaan warga negara, dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat agresi Israel yang sedang berlangsung di Jalur Gaza.

Pendudukan Israel melanjutkan agresinya di Jalur Gaza pada hari Jumat pukul 07.00 pagi, hanya beberapa menit setelah enam hari gencatan senjata kemanusiaan.

Gencatan senjata tersebut mengizinkan – untuk pertama kalinya sejak dimulainya agresi Israel di Jalur Gaza pada tanggal 7 Oktober – masuknya truk bantuan kemanusiaan dan bantuan. Namun, jumlah truk bantuan dan bahan bakar tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan warga sipil yang terus meningkat, mengingat krisis kemanusiaan yang terjadi di Jalur Gaza saat ini.

31