Home Ekonomi Lagi-Lagi Toyota Meluncurkan Mobil Hybrid Baru, Kenapa?

Lagi-Lagi Toyota Meluncurkan Mobil Hybrid Baru, Kenapa?

Jakarta, Gatra.com - Ditengah serbuan model-model baru mobil listrik, PT Toyota-Astra Motor (TAM) justru memperkuat line up model-model hybrid dengan meluncurkan minivan mewah.

Seperti diketahui, Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi. Hal itu tercermin dari model-model yang dipajang di IIMS 2024. Mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), bahkan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) lewat kehadiran Toyota Mirai.

Dari beragam teknologi itu, jika dilihat dari penjualan, mobil dengan teknologi HEV masih mendominasi dibandingkan BEV.  “Kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan xEV yang diproduksi lokal dan menjadi xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia,” terang Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto di IIMS 2024 Jakarta, Kamis (2024).

Teknologi HEV Toyota terbilang sudah mapan dan berhasil menarih kepercayaan konsumen. Kijang Innova Zenix HEV langsung mencatatkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi terlaris di Indonesia dengan whole sales 27.705 unit di tahun 2023. Catatan penjualan Kijang Innova Zenix HEV adalah sekitar 38,7% dari total wholes sales kendaraan elektrifikasi nasional. Secara keseluruhan, penjualan mobil elektrifikasi Toyota pada 2023 naik delapan kali lipat dari 2022 menjadi 37.736 unit dimana HEV menyumbang 97%.

Lima Nilai Plus HEV

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan, HEV memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan teknologi lainnya.

Pertama, kombinasi motor listrik dan mesin bensin menghasilkan driving peformance yang maksmal.  Kedua, fuel eficiency yang 40 -50 persen lebih hemat dibandingkan mobil konvensional. "Beberapa pengetesan bahkan bisa menyentuh angka 1 liter bbm untuk menempuh 31 km," terangnya. "Da kedua benefit didapatkan tanpa mengubah perilaku mengemudi," tambahnya.

Ketiga, resale value yang baik, bahkan dibeberapa model lebih tinggi dari versi non-hybrid. Empat, garansi battery hingga 8 tahun  dengan harga affordable. Kelima, kontribusi terhadap lingkungan yang lebih baik.

Minivan Hampir Rp2 Miliar

Model HEV baru yang diperkenalkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) adalah All New Vellfire HEV di segmen Luxury MPV. Model ini telah mendapatkan full model change yang berdiri di atas all new platform, bersama peningkatan kenyamanan dan advanced features yang signifikan, serta dilengkapi Toyota Hybrid System sebagai pengelola kinerja hybrid engine yang efisien, powerful, dan ultra low emission.

MPV premium ini dijual dengan harga Rp 1,8 miliar OTR Jakarta. Kehadiran Vellfire Hybrid ini menyusul saudaranya yaitu All New Alphard yang sebelumnya sudah diperkenalkan pada Agustus tahun lalu di Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2023.

Vellfire hybrid mengusung mesin berkode A25A-FXS 2.5 L dan dipadukan dengan transmisi CVT. Mesin itu memiliki tenaga 190 PS pada 6.000 rpm dan torsi 236 Nm pada rentang 4.300-4.500 rpm.

Dimensi panjang mobil ini adalah 5.010 mm. Sedangkan ukuran lebarnya tidak berubah, yakni 1.850 mm, juga jarak sumbu roda masih sama 3.000 mm.

31