Home Pemilu 2024 Viral Susunan Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran, TKN: Itu Tidak Benar

Viral Susunan Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran, TKN: Itu Tidak Benar

Jakarta, Gatra.com - Viral di media sosial bocoran nama-nama kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jika menang Pilpres 2024. Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran memastikan susunan itu tidak benar.

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Nusron Wahid membantah soal beredarnya informasi di sosial media mengenai bocoran susunan menteri Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

"Namanya juga sosmed, berita dari sumber yang tidak jelas," kata Nusron saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (20/2).

Nusron memastikan bahwa sejauh ini belum ada pembahasan mengenai pembagian nama-nama menteri. Apalagi, hasil resmi dari KPU yang menetapkan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 juga belum diumumkan.

"Tidak ada pembahasan soal menteri. Itu hak prerogatif presiden," ujarnya.

Diketahui, susunan menteri atau pejabat Prabowo tertuang dalam poster yang diunggah akun X @PolJokesID. Poster itu berlatar biru terang khas warna Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dan berisi susunan foto, nama, hingga jabatan para tokoh yang disebut-sebut menjadi calon menteri.

Pada bagian atas ada tulisan "Kabinet Indonesia Emas". Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut menjadi Ketua Dewan Pertimbangan Presiden, sementara Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi wakilnya.

Nusron Wahid menjadi Kepala Staf Presiden. Airlangga Hartarto menjadi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Erick Thohir menjadi Menko Bidang Energi, Investasi, dan Lingkungan Hidup, serta Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menko Polhukam.

Lalu Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama, Menteri Sekretaris Negara, Sugiono, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yusril Ihza Mahendra. Lalu Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Rosan Roeslani menjadi Menteri Luar Negeri, Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan, hingga nama-nama lainnya yang tergabung dalam TKN.

"Prabowo-Gibran akan menganut struktur kabinet Ir. Soekarno yang menyertakan posisi menteri muda. Ini untuk memastikan keterwakilan anak muda di dalam pemerintahan secara substantif," demikian keterangan pada poster itu yang diunggah akun X @PolJokesID, dilihat Gatra.com Selasa (20/2).

49