Home Keuangan Jalin Pastikan Layanan Operasional Andal Hadapi Lonjakan Transaksi di Lebaran Idulfitri 2024

Jalin Pastikan Layanan Operasional Andal Hadapi Lonjakan Transaksi di Lebaran Idulfitri 2024

Jakarta, Gatra.com– Direktur  Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin), Ario Tejo Bayu Aji memastikan lonjakan   transaksi keuangan saat ramadhan dan idulfitri diprediksi  terjadi  pada   4-16   April 2024. Sehingga diperkirakan masyarakat yang bertransaksi melalui berbagai macam kanal pembayaran akan meningkat, seperti ATM, Debit, serta QRIS dibandingkan rata-rata harian tahun 2024.

“Jalin sebagai   penyedia   infrastruktur sistem pembayaran terdepan telah mempersiapkan seluruh seluruh layanan operasional yang andal baik transaksi yang menggunakan layanan digital maupun optimasi layanan ATM Link untuk menopang lonjakan transaksi member kami di sektor perbankan maupun fintech,” kata Ario dalam media gatheringnya, Senin (25/3).

Untuk itu, anak usaha dari Holding BUMN Danareksa itu memastikan kesiapan layanannya  dalam   menghadapi  momen   Ramadan   dan  Idulfitri 2024. Dimana Bank Indonesia   (BI) telah menyiapkan   kebutuhan uang tunai sebesar Rp197,6 triliun, meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp 188,8 triliun.

Baca juga: BI Siapkan Uang Rp197,6 Triliun Selama Ramadan dan Idulfitri 2024

Peningkatan ini sejalan  dengan pemulihan ekonomi  di Indonesia yang  semakin membaik  pasca pandemi COVID-19 dan proyeksi peningkatan jumlah pemudik yang diperkirakan mencapai 193 juta orang   secara   nasional.  

Di  momen   Ramadan   dan   Idulfitri   ini,   sektor   penjualan   makanan   serta minuman, transportasi dan retail diprediksi akan menjadi pendorong utama konsumsi masyarakat Indonesia selama Ramadan dan Idulfitri 2024.

Apabila diproyeksikan akan terjadi kenaikan transaksi di seluruh kanal pembayaran sekitar lebih dari 25% dibandingkan Ramadan Idulfitri tahun lalu. Jalin   meyakini   bahwa   keunggulan   operasional   selama   periode   puncak   Ramadan   dan   Idulfitri merupakan faktor kunci dalam memberikan layanan keuangan yang optimal.

Untuk mencapai tujuan tersebut,   Jalin   telah   mengimplementasikan   Health   Check   System   guna   memastikan sistem infrastrukturnya berada dalam kondisi terbaik dan siap menghadapi lonjakan transaksi selama libur Lebaran tahun ini.

Baca juga: Dukung Program BI, Bank Muamalat Siapkan Uang Tunai Rp736 Miliar Selama Ramadan dan Idulfitri

Selain itu, Jalin juga akan menyiapkan Posko Ramadan Idulfitri (RaFi) yang akan beroperasi selama 24/7 mulai tanggal 4 hingga 16 April 2024, dan berlokasi di Command Center Jalin.

Dukungan   Jalin   terhadap   kelancaran   dan   kemudahan   operasional   perbankan   dan  fintech  guna menunjang transaksi di masyarakat, merupakan kunci dalam menghadirkan layanan keuangan yang optimal   di   perayaan   Idulfitri   1445H.

“Kami   tidak   hanya   berkomitmen   untuk menyediakan   layanan   yang   andal   kepada   member   kami,   tetapi   juga   terus   meningkatkan pengalaman pengguna dengan inovasi teknologi yang kami hadirkan," pungkas Ario.

16