Home Ekonomi DUNKIN’ Raih Sertfikat Halal BPJPH

DUNKIN’ Raih Sertfikat Halal BPJPH

Jakarta, Gatra.com- Produk kuliner DUNKIN’- yang telah bersertifikat HALAL sejak tahun 1997, pada tahun 2024 ini mendapatkan Sertifikat HALAL yang berlaku seumur hidup sejak diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk HALAL (BPJPH) dan tetap berlaku sepanjang tidak terdapat perubahan komposisi Bahan dan/atau Proses Produk Halal.

Dengan dibantu supervisi oleh Pasifik Halal Center International sebagai konsultan halal, proses audit dilakukan sekitar tiga bulan secara menyeluruh oleh Tim Audit dari LPH Surveyor Indonesia. Mulai dari bahan produksi, pabrikasi hingga semua gudang, dapur dan outlet DUNKIN’.

"Bukan hanya di satu outlet, melainkan ke seluruh outlet yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia," ungkap General Manager PT Dunkindo Lestari, Dicky Mulyana dalam konferensi persnya di Jakarta, Jumat (5/4). Hingga saat ini DUNKIN’ memiliki 192 cabang outlet yang tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Dicky menyebut proses auditing tidak mengalami kendala karena DUNKIN’ sudah bersertifikasi Halal sejak lama dan selalu bekerjasama dengan vendor yang telah memenuhi standar halal. Selain itu, fasilitas produksi dan dapur DUNKIN’ yang sudah sesuai dengan standar halal, menjadikan proses pengajuan Sertifikat Halal DUNKIN’ oleh Tim Audit LPH Surveyor Indonesia menjadi lancar tanpa ada kendala berarti.

Baca juga: Kuliner Festival Matsuri dan Fesyen Jepang Hadir di Jakarta

"Hal ini sesuai dengan komitmen kami untuk selalu memberikan yang terbaik untuk konsumen, dan terus berkomitmen untuk menyajikan pangan sehat dan halal bagi masyarakat Indonesia. Kami terus menerus berupaya untuk mentaati segala peraturan dan perundangan yang berlaku maju ke depan," ungkapnya.

Dicky menambahkan bahwa sejak tahun 2021 DUNKIN’ Indonesia sudah melakukan peremajaan dan inovasi. “Kami melakukan rebranding dengan menghapus kata “DONUTS” mengikuti milestone dari DUNKIN’ Internasional, ini maksudnya untuk menyampaikan bahwa kami tidak hanya menyediakan donut tetapi juga aneka menu minuman yang nikmat sebagai pasangan dalam menikmati donut," paparnya.

Menurutnya, hal ini tanpa melupakan animo konsumen yang saat ini dibombardir berbagai penawaran kuliner kekinian, DUNKIN’ tetap memiliki konsumen setia yang mumpuni. Aneka varian donut yang disukai oleh DUNKIN’ lovers dari berbagai usia, anak-anak sampai orang dewasa.

"Kami selalu berinovasi menghadirkan berbagai varian donut baru yang bisa dipilih. Untuk minuman, saat ini, kami mempunyai banyak variasi minuman baru seperti: Iced Hojicha, Iced Tamarind, Ice Mango Peach, Iced Pallu Butung, Coollata serta aneka minuman favorit lainnya. Namun donut dan minuman Chocolate di outlet-outlet DUNKIN’ tetap menjadi pilihan konsumen dari masa ke masa dan telah menjdai ikon," paparnya.

Baca juga: Banten Potensi Besar Kembangkan Industri Syariah

Di bulan Ramadhan inipun, DUNKIN’ ikut memeriahkan dengan menghadirkan donut seasonal bertemakan ketupat yang hanya tersedia selama bulan Ramadhan yaitu donut salted caramel dan donut lemon. DUNKIN’ juga tak pernah absen melakukan berbagai kegiatan CSR di bulan penuh kemuliaan ini.

Ketua umum Badan Penyelenggara Jaminan Produk HALAL (BPJPH), Dr Muhamad Aqil Irham, M.Si menambahkan, meski sertifikat halal berlaku seumur hidup bukan berarti akan tanpa pengawasan. Menurutnya, proses itu akan tetap berlaku terutama dalam hal mengecek konsistensi aspek kehalan produk.

"Mengecek konsistensi apakah masih menerapkan apa yang sdh dihasilkan auditor dan komisi fatwa MUI. Bahan dan prosesnya, selama  perjalanan waktu ada perubahan komposisi, rasa dan proses pindah tempat harus dilaporkan," ungkap Aqil.

1070