Home Ekonomi Konflik Iran - Israel, Kementerian ESDM Pastikan Harga BBM Tidak akan Naik hingga Juni 2024

Konflik Iran - Israel, Kementerian ESDM Pastikan Harga BBM Tidak akan Naik hingga Juni 2024

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) akan tetap sama hingga Juni 2024. Meskipun saat ini konflik di Timur Tengah antara Iran dan Israel kembali memanas.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji mengatakan, kebijakan ketetapan harga tersebut juga telah dipastikan Menteri ESDM Arifin Tasrif beberapa waktu lalu. Meski harga minyak mentah dunia diproyeksi akan naik akibat dampak perang antara Iran dan Israel.

“Ya, BBM masih seperti itu (harga BBM tidak berubah sampai Juni,” kata Tutuka dalam diskusi bertajuk ‘Ngobrol Seru Dampak Konflik Iran-Israel ke Ekonomi Ri’ secara virtual pada Senin (15/4).

Tutuka menjelaskan bahwa, itu saat ini, pihaknya tengah menunggu respons Israel terhadap serangan dari Iran. Menurutnya global atau dunia cenderung tidak menginginkan harga minyak mentah yang terlalu tinggi.

“Jadi kita perlu hati-hati, ini cenderung short term dulu. Kecuali ada suatu hal yang luar biasa nanti kita lihat lagi, step by step selalu kita amati perkembangannya,” jelasnnya.

Diketahui, Pemerintah Indonesia mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk segera turun tangan meredakan ketenganan antara Israel dan Iran. Hal tersebut sebagai buntut dari serangan balasan Iran kepada Israel dengan menembakkan puluhan rudal balistik dan ratusan drone pada Sabtu (13/4) malam.

Indonesia juga mendesakan PBB untuk menghentikan pendudukan ilegal terhadap Palestina dan berbagai pelanggaran hukum internasional oleh Israel.

“Indonesia mendesak Dewan Keamanan PBB segera bertindak untuk menurunkan ketegangan dan terus berupaya menciptakan perdamaian di Timur Tengah,” kata Kementerian Luar Negeri (Kempu) Republik Indonesia (RI) melalui media sosial X pada Minggu malam (14/4).

45