Home Kesehatan Sepuluh Kunci Kenyamanan Mata Bagi Pekerja Dibalik Layar Visual

Sepuluh Kunci Kenyamanan Mata Bagi Pekerja Dibalik Layar Visual

 

Jakarta, Gatra.com - Mata menjadi salah satu alat sensorik yang penting untuk kehidupan.  Banyak penyebab masalah mata, paling utama yaitu gangguan refraksi yang tidak terkoreksi, katarak, dan glaukoma.

Di era digital ini, banyak profesional yang bekerja di depan visual display terminal. Terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar digital, membuat mata lelah atau asthenopia.

Penyebab asthenopia ada dua faktor yaitu faktor internal seperti membaca atau menggunakan komputer visual display dalam waktu lama. 

Penyebab dari  eksternal adalah memaksa untuk melihat dalam keadaan redup, paparan sinar yang sangat terang (glare) dan flicker(kedipan) dari lampu.

Dr. Rina La Distia Nora, SpM(K), Phd, dari persatuan dokter spesialis mata Indonesia (Perdami) memaparkan hal-hal untuk kenyamanan penglihatan sebagai pengguna komputer yang aktif di antaranya :

1.       Kelainan refraksi perlu dikoreksi dengan power dan model kacamata yang tepat. 

2.       Istirahat berkala saat menggunakan komputer dengan mengunakan metode 20-20-20 rule yaitu istirahatkan mata selama 20 menit sekali,  melihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter) dan dilakukan selama 20 detik.

3.       Berikan tirai pada jendela atau memberikan filter anti-silau (anti glare filters) pada layar komputer.

4.       Posisi monitor komputer ditempatkan sedemikan rupa sehingga pekerja mencapai posisi ergonomis yang baik. 

Disarankan jarak layar dengan mata 50 cm, dengan letak bagian tengah layar 10-20 derajat (atau 5-6 inci) di bawah garis pandang mata

5.       Setting layar komputer secara manual untuk kenyamanan

6.       Postur tubuh baik untuk menghindari nyeri otot leher, punggung, bahu dan kepala.

7.       Bila mata terasa iritasi, kemungkinan terdapat mata kering (dry eyes syndrome) dapat dilakukan lubrikasi mata obat tetes air mata buatan (artifical tears).

8.       Pada usia 40 tahun ke bawah lakukan skrining kesehatan mata setidaknya setiap 5 tahun sekali, jika berusia 65 tahun ke atas periksa mata setiap 1-2 tahun sekali.

9.       Skrininng kesehatan mata juga harus dilakukan pada anak setidaknya 3 kali sebelum sampai usia sekolah diantaranya bila tidak ada risiko 6 bulan – 1 tahun pertama dan bila ada risiko saat usia 6 bulan, pada usia 2-3 tahun, dan menjelang usia sekolah dasar.

10.   Konsumsi makanan yang bergizi untuk menunjang kesehatan mata.


Reporter: YSS
Editor: Mukhlison

1045

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR