Home Korporasi Fitch Naikkan Peringkat Lippo Karawaci pada Rating Watch Positive

Fitch Naikkan Peringkat Lippo Karawaci pada Rating Watch Positive

 

Jakarta, Gatra.com - PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) pengembang real estate terintegrasi di Indonesia, mengumumkan bahwa Fitch Ratings telah menempatkan Peringkat Issuer Default Rating (“IDR”) Jangka Panjang 'CCC+' serta Peringkat Nasional Jangka Panjang Perseroan di 'BB-(idn)' pada Rating Watch Positive ("RWP").

RWP mencerminkan ekspektasi dari lembaga pemeringkat tersebut bahwa tambahan ekuitas baru dari program pendanaan LPKR akan menyediakan likuiditas yang substansial bagi Perseroan paling tidak hingga akhir 2020. Dengan demikian, Perseroan memiliki kapasitas keuangan untuk melanjutkan berbagai rencana dan juga membayar beban bunga serta utang jangka pendek yang akan jatuh tempo.

Peningkatan peringkat oleh Fitch Ratings didapat tidak lama setelah Moody's Investors Service menaikan prospek peringkat LPKR menjadi 'Stabil' dari sebelumnya 'Negatif'. Sementara S&P Global Ratings menempatkan peringkat kredit jangka panjang Perseroan dalam CreditWatch dengan implikasi positif.

Baca Juga: Lippo Cikarang Selesaikan 2 Tower Berlantai 4 Desain

“Pengakuan yang kami terima dari ketiga lembaga pemeringkat utama ini merupakan langkah positif bagi LPKR seiring upaya kami dalam waktu dekat untuk mewujudkan program pendanaan dan rencana divestasi aset,” sebut CEO LPKR, John Riady dalam pernyataan yang diterima Gatra.com, Rabu (20/3).

Fitch Ratings akan meninjau RWP ketika proses rights issue telah selesai dilaksanakan pada akhir Juni 2019. Dimana ada kemungkinan dapat meningkatkan peringkat IDR LPKR sebesar satu tingkat dan Peringkat Nasional Jangka Panjang hingga dua tingkat.

“Dalam jangka panjang, kami berkomitmen untuk memberikan nilai yang lebih lagi bagi para pemangku kepentingan melalui platform real estate terbaik yang didukung dengan pengelolaan modal yang disiplin, kemampuan eksekusi yang baik, dan tata kelola perusahaan yang tertib,” janji John.

Baca Juga: KPK: Suap Meikarta Gunakan Berbagai Modus dan Rumit

Tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI), Lippo Karawaci memiliki total aset US$3,4 miliar per 31 Desember 2018. Bisnis inti perusahaan terdiri dari pengembangan perumahan di daerah perkotaan, lifestyle malls, dan layanan kesehatan. Perusahaan juga secara aktif terlibat dalam pengembangan terintegrasi, perhotelan, pengembangan dan manajemen perkotaan, serta layanan manajemen aset.

LPKR memiliki 51,05% saham PT Siloam International Hospitals Tbk, jaringan rumah sakit swasta terkemuka di Indonesia, dengan 35 rumah sakit canggih di 27 kota di seluruh Indonesia – 12 rumah sakit di Jabodetabek, 23 di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Nusa Tenggara. Serta didukung oleh lebih dari 2.900 dokter spesialis dan dokter umum serta lebih dari 10.000 perawat dan staf pendukung.

LPKR juga memiliki dua REIT yang tercatat di bursa efek Singapura, yaitu First Real Estate Investment Trust dan Lippo Malls Indonesia Retail Trust dengan aset yang dikelola masing-masing US$1,0 miliar dan US$1,4 miliar, per 31 Desember 2018.


 

Flora L.Y. Barus

 

 

143

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR