Home Politik Formappi: Hitung Cepat dan Real Count Tidak Akan Beda Jauh

Formappi: Hitung Cepat dan Real Count Tidak Akan Beda Jauh

Jakarta, Gatra.com - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia atau Formappi menilai hasil hitung cepat tidak akan berbeda jauh dengan real count Komisi Pemilihan Umum (KPU). Termasuk partai politik yang akan lolos ke parlemen. 

Peneliti senior Formappi Djadijono mengatakan berdasarkan hitung cepat ada sembilan partai yang lolos ke Senayan. Antara lain PKB, PDIP, Golkar, Nasdem, PKS, PAN, PPP dan Demokrat. 

"Pengalaman berkali-kali hasil hitung cepat dengan real count tidak jauh berbeda. Meskipun masih quick count bisa dijadikan data awal bahwa parlemen nanti maksimal sembilan partai," kata Djadijono di Kantor Formappi, Matraman Raya, Jakarta, Kamis (25/4).

Djadijono menambahkan PSI dan Perindo masih punya peluang untuk lolos ambang batas parlemen 4%. Sementara Hanura dipastikan tidak akan lolos sama sekali. 

Formappi mengingatkan anggota DPR terpilih harus memiliki komitmen lebih baik dari dewan periode 2014-2019. Baik dari sisi legislasi, pengawasan dan anggaran. 

"Masalahnya apakah anggota DPR yang terpilih ini tidak seperti DPR periode yang saat ini sedang berjalan, periode DPR yang saat ini berjalan sangat buruk kinerjanya baik dari sisi legislasi, anggaran maupun pengawasan," pungkas dia. 

 

1317