Home Kesehatan Menjadi Penyebab Komplikasi, Diabetes Juga Penyakit Progresif

Menjadi Penyebab Komplikasi, Diabetes Juga Penyakit Progresif

Jakarta, Gatra.com– Penyakit diabetes tidak hanya menyerang tubuh sendirian, tetapi juga bisa menimbulkan berbagai komplikasi. Ada banyak penyakit yang muncul akibat dari kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh.

“Diabetes itu tidak sendiri. Ada beberapa penyakit lain yang biasanya dikenal dengan DiaCVR (Diabetes Cardiovascular),” kata Dokter Penyakit Dalam dan Pakar Penyakit Diabetes, Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, Sp.PD, KEMD, FINA di Roemah Kuliner, Jakarta Pusat, Kamis (9/5).

Baca juga: Penyakit Diabetes Bisa Dicegah, Berikut 5 Tipsnya!

Menurutnya, terdapat beberapa organ di dalam tubuh yang terkena dampaknya akibat diabetes. “Otot jantung akan mengalami gangguan karena gula darahnya tinggi. Kemudian dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah di otak. Lalu, dari penyumbatan tersebut, ginjal yang digunakan sebagai penyaring juga tidak berfungsi dan menyebabkan gagal ginjal, bahkan gagal jantung,” ungkapnya.

Diabetes ada korelasi ke penyakit jantung. “Makanya, diabetes juga bisa menjadi penyebab dari jantung koroner, stroke dan lainnya. Jadi, untuk mencegahnya harus mengurangi kadar gula darah. Kalau pun sudah, harus dijaga kestabilannya,” lanjut dokter Sidarta.

Baca juga: Ini Rahasianya Mengapa Diabetes Bisa Sebabkan Gagal Jantung

Di samping menimbulkan komplikasi, diabetes rupanya menjadi penyakit yang progresif. Artinya, penyakit ini memiliki kemungkinan kecil untuk sembuh dan akan bertahan seumur hidup. Penyakit diabetes tipe 2 merupakan salah satu tipe diabetes yang sulit sembuh. Biasanya, penderita diabetes tipe 2 ini adalah orang-orang dewasa.

“Kalau mau menangani diabetes, kita harus punya target. Dengan adanya target, maka kita bisa mengendalikan diabetes dengan melakukan aktivitas fisik, mengatur pengonsumsian obat dan insulin, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin,” tambahnya. Baca juga: Mengapa Menurunkan Berat Badan Menyembuhkan Diabetes Tipe 2?

2180