Home Ekonomi Pembangunan Terminal Baru Bandara Adi Soemarmo Capai 82 Persen

Pembangunan Terminal Baru Bandara Adi Soemarmo Capai 82 Persen

Boyolali, Gatra.com - Pembangunan terminal baru di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo telah mencapai 82 persen. Terminal baru ini akan difungsikan sebagai terminal pemberangkatan oleh PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adi Soemarmo Abdullah Usman mengatakan pembangunan terminal baru ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat kereta bandara beroperasi. Terminal baru ini didirikan di lahan seluas 13.000 meter persegi.

"Saat ini pembangunannya sudah mencapai progres 82 persen. Kami fungsikan sebagai terminal pemberangkatan yang baru. Terminal pemberangkatan lama akan dialihkan sebagai ruang kedatangan," ucapnya, Senin (12/5).

Terminal baru ini akan terhubung dengan stasiun bandara yang saat ini sudah selesai dibangun. Terminal baru ini diperkirakan dapat menampung hingga 22 ribu penumpang.

"Rencananya kan kereta bandara sudah beroperasi September mendatang. Saat itu flight kami bertambah. Tentunya jumlah penumpang juga akan bertambah," ucapnya.

Pembangunan terminal baru ini sekaligus untuk mendukung penerbangan umroh di Bandara Internasional Adi Soemarmo. Saat ini penerbangan umroh sudah melebihi kapasitas.

"Sejauh ini pembangunan sudah hampir selesai. Hanya tinggal finishing saja," ucapnya.

Rencananya terminal baru akan beroperasi akhir Juni 2019. Terminal baru akan dilengkapi dengan 26 loket check in. Jumlah ini bertambah karena sebelumnya hanya tersedia 18 loket check in.

Selain itu terminal baru ini dilengkapi dengan 38 gerai. "Sejauh ini sudah ada 7 gerai yang mengisi," ucap Usman.

965