Home Politik Polisi Lakukan Pencarian Napi Lapas Narkotika yang Kabur di Langkat

Polisi Lakukan Pencarian Napi Lapas Narkotika yang Kabur di Langkat

Medan, Gatra.com - Ratusan warga binaan atau Narapidana (Napi) di Lapas Narkoba, Tanjung Pura, Kabupaten Langkat diperkirakan kabur saat keributan pecah. Pihak kepolisian akan melakukan sweeping atau pencarian terhadap napi yang berhasil kabur.

Kapolres Langkat AKBP Dody Hermawan mengungkapkan untuk menangkap kembali para napi yang melarikan diri, pihaknya akan melakukan sweeping di berbagai lokasi yang kemungkinan dituju para narapidana. "Kegiatan kita melakukan sweeping di polsek-polsek yang di pinggir jalan untuk menangkap kembali para narapidana yang kabur," ujarnya, ketika dikonfirmasi, Kamis (16/5).

Baca Juga: Jumlah Warga Binaan di Lapas Narkoba Tanjung Pura Melebihi Kapasitas

Sementara itu, Kepala Trantib Lapas, Sunardi mentaksir napi yang melarikan diri diperkirakan sekitar 500 orang. "Petugas saat ini tidak bisa mendekat melakukan upaya keamanan," kata Sunardi.

"Terjadi kerusuhan dan mereka merusak beberapa fasilitas namun proses negosiasi sedang di jalankan, ada beberapa yang sudah kabur, dan ada beberapa yang sudah ditangkap kembali," kata saat di konfirmasi.

Baca Juga: Tidak Terima Dirazia Napi Lapas Narkoba di Langkat Mengamuk

Berdasarkan informasi yang diperoleh, ada sebanyak 200 narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Langkat. Sebelum kabur, para napi terlibat kericuhan dengan sipir hingga berujung kerusuhan dan pembakaran fasilitas Lapas.

Belakangan juga beredar di media sosial video soal kericuhan. Video itu diduga direkam seorang warga binaan. Dalam video itu, sejumlah sepeda motor dibakar kaca-kaca gedung juga sudah hancur dihantam batu.

Reporter : Putra TJ

812