Home Ekonomi Teken Kerja Sama Komersial, Ini Isi Kesepakatan Pegadaian, Garuda, PTPN III, Taspen

Teken Kerja Sama Komersial, Ini Isi Kesepakatan Pegadaian, Garuda, PTPN III, Taspen

Denpasar, Gatra.com - PT Pegadaian (Persero) menjalin kerja sama dengan tiga perusahaan BUMN, sebagai bentuk sinergi bisnis antar perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam penjualan produk. Tiga perusahaan BUMN tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III) (Persero), dan PT Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) (Persero).

Jalinan sinergi ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Nota Kesepahaman dalam penerbangan GA-404 Jakarta-Denpasar oleh Direktur Utama PT Pegadaian (Persero), Kuswiyoto; Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra; Direktur Utama PTPN III (Persero), Dolly P Pulungan. Penandatanganan ini bertujuan untuk memanfaatkan kemampuan masing-masing pihak dalam melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan bidang usaha, sesuai ketentuan yang berlaku.

Setelah itu, dilanjutkan dengan signing Perjanjian Kerja Sama di The Gade Coffee and Gold Denpasar oleh Direktur Jaringan, Operasi, dan Penjualan PT Pegadaian (Persero), Damar Latri Setiawan dan Direktur Operasi dan Manajemen Risiko PT Taspen (Persero), Ermanza sebagai tindak lanjut atas Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani sebelumnya.

Baca Juga: PT Pegadaian Lakukan Integrasi Data Perpajakan dengan DJP

“Melalui penandatanganan kerja sama ini, kami meyakini akan membawa dampak usaha seluruh perseroan yang terlibat akan lebih meningkat," kata Kuswiyoto dalam keterangan yang diterima Gatra.com, Senin (20/5).

Hadir juga Komisaris Utama Pegadaian, Ina Primiana serta beberapa jajaran direksi lainnya Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah; Direktur Human Capital Garuda Indonesia, Heri Akhyar; serta Direktur Pemasaran PTPN III, I Kadek K. Laksana.

"Pegadaian mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dalam penjualan dan pemasaran produknya dengan mengoptimalkan kanal distribusi dan media komunikasi BUMN lain. Sebaliknya, sumber daya yang dimiliki Pegadaian dapat dioptimalkan oleh tiga BUMN tersebut. Itulah sinergi untuk mewujudkan One Family, One Nation, One Vision to Excellence,” sebutnya kemudian.

Baca Juga: Kolaborasi Pegadaian dan Tokopedia Luncurkan Fitur Jual-Beli Emas Online Aman dan Terjangkau

Pihak Garuda Indonesia mengatakan bahwa kerja sama dengan Pegadaian merupakan upaya mereka dalam meningkatkan layanan kepada pengguna jasanya. “Kiranya kerja sama ini dapat memberikan nilai tambah bagi para pengguna jasa kami khususnya kemudahan dalam mengakes pembelian tiket Garuda Indonesia. Melalui sinergi ini, Garuda Indonesia dapat diakses melalui ‘The Gade Café Pegadaian’ yang tersebar di seluruh Indonesia”, papar I Gusti Ngurah Askhara yang akrab dipanggil Ari.

Lebih jauh lagi, untuk memajukan jalinan kerja sama tersebut, Kuswiyoto akan ikut serta ke Perancis dalam kegiatan penjemputan Pesawat Airbus 330 yang dibeli oleh GIA pada Oktober 2019 mendatang.

Di sisi lain, PTPN III akan menggunakan jasa logistik Garuda Indonesia dalam mengembangkan produk. “Kerja sama tersebut sebenarnya dapat mengembangkan semua produk baik PTPN III, Pegadaian, dan Garuda. Khusus PTPN IIII, nantinya perusahaan akan berkesempatan menggunakan jasa layanan logistik Garuda yang diperuntukkan bagi penyaluran logistik dan memasok kopi, teh, dan gula produk PTPN Holding,” imbuh I Kadek.

Kelak, 150.000 karyawan dari PTPN III dan Taspen akan disinergikan dengan produk-produk Pegadaian. Nantinya semua karyawan dari Garuda Indonesia, PTPN III, serta TASPEN akan mudah mendapatkan tabungan emas Pegadaian. Karena produk Pegadaian ini akan tersedia di kantor-kantor tiga BUMN tersebut.

816