Home Gaya Hidup Danau Toba Siap Menampung Wisatawan

Danau Toba Siap Menampung Wisatawan

Medan, Gatra.com – Kementerian Pariwisata (KemenPar) memastikan Kawasan Danau Toba (KDT) siap menampung kunjungan wisata selama libur lebaran. Pihak KemenPar sudah melakukan koordinasi dengan seluruh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di KDT untuk peningkatan pelayanan.

Kepala Sub Bidang (Kasubid) Destinasi Area I, Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Destinasi Regional I, Andhy Marpaung mengatakan bahwa KemenPar akan melakukan pengawasan selama lebaran.

Tujuan pengawasan untuk memastikan seluruh pelayanan pariwisata di KDT berjalan dengan baik. Selain itu, KemenPar juga sudah meminta seluruh kabupaten di KDT untuk menjadi tuan rumah yang baik. Memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh wisatawan.

Baca Juga: KemenPar Berikan Bintek Pengembangan Desa Wisata

“Pelayanan terbaik itu meliputi keamanan dan kenyamanan. Selama ini sudah berjalan dengan baik. Termasuk dari segi kesiapan akses dan angkutan pendukung. Semua harus dalam kondisi baik. Serta dari hasil monitor kita memang sudah dalam keadaan siap sedia,” jelasnya kepada Gatra.com, Jumat (31/5).

Untuk pelayanan, Andhy mengatakan bahwa pihaknya mewajibakan seluruh destinasi dilengkapi pusat informasi dan pengawasan objek. Termasuk ketersediaan tim penanggulangan bencana dan tim kerja cepat. Pemkab harus memberikan informasi berkembang selama libur lebaran kepada pihak kementerian. “Tujuaannya agar kita mudah melakukan koordinasi. Misalnya apabila ada bencana atau gangguan lalulintas. Maka KemenPar dapat melakukan koordinasi dengan pihak terkait,” katanya.

Baca Juga: Kemenpar Gelar FGD GKT

KemenPar juga memastikan seluruh layanan dapat di gunakan wisatawan dengan baik. Khususnya untuk fasilitas danau seperti transportasi, layanan penyeberangan serta penggunaan objek pantai. “Jadi semua transportasi danau wajib menggunakan alat keselamatan standart, serta harus mengikuti ketentuan pelayaran. Penjagaan pantai harus tertata dan memastikan keselamatan pengunjung. Ketersediaan tenaga medis juga harus siap. Wisatawan tidak ada khawatir,” katanya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

719