Home Ekonomi Dua Gerbang Tol Solo-Ngawi Dipadati Mobil, Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan

Dua Gerbang Tol Solo-Ngawi Dipadati Mobil, Rekayasa Lalu Lintas Diterapkan

Solo, Gatra.com – Tol Solo-Ngawi terlihat padat selama beberapa hari terakhir. PT Jasamarga Solo-Ngawi (JSN) mencatat 36.866 kendaraan melintas pada H-3 Lebaran.

Manajer Area Tol Solo-Ngawi Sih Wiyono mengatakan kendaraan yang melintas di tol tersebut terus meningkat setiap hari. Pada H-5, Lebaran ruas tol Solo-Ngawi dipadati 17.985 kendaraan. Sehari berikutnya ada 31.163 kendaraan yang melintas. Pada H-3 Lebaran, jumlah kendaraan bertambah sekitar 6.000 unit sehingga menjadi 36.866 kendaraan yang menggunakan tol tersebut.

”Kami prediksi jumlah ini akan terus meningkat hingga H-1 Lebaran,” ucap Sih saat dihubungi, Senin (3/6).

Pengelola tol menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kepadatan di gerbang tol. Hal ini agar kendaraan tidak memadati akses keluar-masuk tol. JSN pun menjalin kerjasama dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan dari beberapa wilayah di dekat area tol.

”Dari enam gerbang tol yang ditangani JSN, hanya dua gerbang yang terjadi kepadatan yakni gerbang tol Klodran dan Colomadu. Kedua gerbang tol ini merupakan akses keluar masuk ke Yogyakarta dan Solo,” ucapnya.

Direktur Utama JSN Ari Wibowo mengatakan, secara umum arus mudik di ruas tol Solo-Ngawi lancar. JSN mencatat hanya ada tiga kecelakaan yakni karena pengemudi mengantuk dan ban pecah.

”Dari kejadian ini ada satu korban meninggal dunia. Kecelakaan terjadi di wilayah Kabupaten Karanganyar,” ucapnya.

 

283