Home Teknologi Facebook Kembangkan Mata Uang Digital Libra

Facebook Kembangkan Mata Uang Digital Libra

San Francisco, Gatra.com - Facebook Inc mengungkapkan rencananya untuk meluncurkan mata uang digital bernama Libra. Pengembangan terbaru ini menjadi upaya perusahaan untuk memperluas bisnis di luar jejaring sosial seperti e-commerce dan pembayaran global.

Facebook telah terhubung dengan 28 mitra di entitas yang disebut Libra Association yang berbasis di Jenewa, Swiss. Nantinya mitra perusahaan ini akan mengatur Libra yang akan diluncurkan pada paruh pertama tahun 2020.

Menurut Reuters, Facebook juga telah membuat anak perusahaan bernama Calibra, yang akan menawarkan dompet digital untuk menyimpan, mengirim, dan melakukan transaksi dengan Libra. Calibra juga akan terhubung ke platform Facebook Messenger dan WhatsApp, yang telah diunduh lebih dari satu miliar pengguna.

Perusahaan yang berbasis di Menlo Park, California ini memiliki aspirasi besar untuk Libra. Kendati begitu, masih terdapat masalah privasi konsumen atau hambatan peraturan yang dapat merupakan rintangan yang harus segera diselesaikan.

Mantan Eksekutif PayPal yang kini mengepalai proyek untuk Facebook tersebut, David Marcus mengatakan, nama 'Libra' terinspirasi simbol timbangan Romawi yang menandakan keadilan dan kebebasan.

"Kebebasan, keadilan, dan uang, itulah tepatnya yang kami coba lakukan di sini," katanya, Selasa (18/6).

 

 

290