Home Milenial PPDB Online SMP Kota Padang Dibuka 28 Juni

PPDB Online SMP Kota Padang Dibuka 28 Juni

Padang, Gatra.com - Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara dalam jaringan (online) tingkat Sekolah Menengah Pertama di Kota Padang, Sumatera Barat akan dibuka pada 28-29 Juni 2019.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan PPDB tingkat SMP hanya dilakukan secara online melalui dua tahap. Pendaftaran tahap pertama akan dibuka untuk bebas zonasi (dalam dan luar zonasi) bagi calon siswa yang berprestasi dan Anak Guru terkait (GTK).

"Pendaftaran tahap pertama memakai sistem bebas zonasi dengan kuota sebesar 10 persen, yang akan diumumkan pada 30 Juni," ujar Barlius kepada GATRA.com di Padang, Selasa (25/6).

Sedangkan pendaftaran tahap dua akan dibuka pada 2-3 Juli dengan sistem zonasi dengan kuota sebesar 90 persen. Pengumuman siswa yang lulus pendaftaran pada 4 Juli, dengan periode mendaftar ulang hingga tanggal 5 Juli.

"Pendaftaran secara online dilakukan langsung di sekolah yang dituju calon siswa," ucapnya.

Barlius menyebutkan bahwa Kota Padang tidak menerapkan sistem zonasi lingkungan tempat tinggal, melainkan zonasi sekolah. Hal tersebut dikarenakan penyebaran sekolah di Kota Padang tidak merata untuk setiap kecamatan.

"Zonasi sekolah ini maksudnya, calon siswa akan mendaftar di SMP yang jangkauannya dekat dari tempat ia belajar saat SD. Pertimbangannya, jarak dengan SMP zonasi, kemudahan akses transportasi dan daya tampung SMP zonasi," terang Barlius.

Adapun proses seleksinya akan mengacu pada nilai Ujian Akhir Sekolah Berbasis Nasional (UASBN), dengan kriteria umur paling tinggi 15 tahun (per 1 Juli 2019), dan menggunakan prioritas siswa yang lebih dahulu mendaftar.

2600