Home Kesehatan Australia Teken MoU dengan Indonesia Atasi Masalah Kesehatan

Australia Teken MoU dengan Indonesia Atasi Masalah Kesehatan

Jakarta, Gatra.com - Dinamika dunia kesehatan berkembang dengan sangat cepat. Penelitian dan evaluasi harus terus dilakukan demi mampu memberikan layanan kesehatan yang memadai dan memuaskan. Melihat hal tersebut, Pemerintah Australia lantas berinisiatif untuk membantu Indonesia dalam meningkatkan layanan kesehatan.

"Kementerian Kesehatan Indonesia dan Departemen Kesehatan Australia saat ini sedang mengembangkan Memorandum of Understanding (MoU) baru mengenai persiapan kesehatan publik, dengan bantuan teknis khusus dari Negara Bagian Victoria," ucap Wakil Duta Besar Australia, Allaster Cox saat ditemui di Greenhouse, Menara Multivision, Jakarta, Kamis (27/6).

Allaster mengatakan Pemerintah Australia juga sudah banyak melakukan kerja sama dengan Indonesia dalam beberapa urusan kesehatan. Terutama dalam mencegah, mendeteksi, dan merespon berbagai perkembangan penyakit menular di kawasan.

Baca Juga: WHO Adakan Forum tentang Alkohol dan Narkoba

"Termasuk juga mengenai masalah nutrisi di Indonesia dan strategi nasional untuk mengurangi jumlah dan potensi stunting," tambah Allaster.

Dia menegaskan hubungan antara Australia dan Indonesia selama ini sudah sangat intim. Khususnya di hubungan mutualisme antara rumah sakit dan universitas di Indonesia dan di Australia. Hubungan tersebut dicerminkan dalam beberapa program seperti program pertukaran magang dan kerja sama penelitian.

"Membangun koneksi yang lebih kuat dan menjalin hubungan baik adalah bagian paling penting dalam memajukan layanan kesehatan dan sektor kesehatan bagi kedua negara secara lebih luasnya," ungkap Allaster.

212