Home Ekonomi Banyak Usaha Ritel Tutup, Ini Penyebabnya

Banyak Usaha Ritel Tutup, Ini Penyebabnya

Jakarta, Gatra.com - Alasan efisiensi digadang-gadang menjadi penyebab runtuhnya bisnis peritel besar di Tanah Air. Hal tersebut diutarakan Senior Associate Director Colliers International Indonesia, Ferry Salanto.

“Kita Iihat dalam beberapa bulan terakhir banyak bisnis ritel yang tutup. Hal itu terjadi karena peritel kecil mengekspansi toko-tokonya hingga ke pemukinan penduduk, masyarakat pasti lebih memilih yang lebih dekat ketimbang harus bepergian jauh,” katanya di Jakarta, Rabu, (3/7).

Tidak hanya itu, ia juga berpendapat bahwa berbagai toko ritel berukuran sangat besar sudah mulai ditinggalkan karena langkah ekspansif dari peritel toko kecil, karena sejatinya orang lebih banyak melihat dari sisi kepraktisan.

“Misalnya kita malas ke toko ritel besar karena waktunya lama, cari parkir susah, dan pilihannya lebih banyak,” ujarnya.

Ferry juga tidak memungkiri apabila bisnis peritel besar dalam kondisi yang stagnan karena berkurangnya jumlah pelanggan setiap harinya. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri membuat banyak bisnis ritel gulung tikar.

“Yang besar kalah bersaing dengan yang kecil. Kalau hal itu tidak bisa diantisipasi dengan bijak, maka akan lebih banyak lagi yang tutup, itu kan sudah terbukti,”katanya.

1452