Home Milenial Begini Kata Netizen Terkait Sidang Sengketa Pilpres 2019

Begini Kata Netizen Terkait Sidang Sengketa Pilpres 2019

Jakarta, Gatra.com- Pasca- putusan gugatan sengketa Pilpres 2019 yang hasilnya ditolak Mahkamah Konstitusi, percakapan kekecewaan para pendukung pasangan calon Prabowo Subianto -Sandiaga Uno tetap berlanjut.

Terhitung sejak 21 Mei hingga 30 Juni 2019, perusahaan media intelligence Isentia menangkap perbincangan sidang sengketa di media sosial sebanyak 83.842 buzz. Sebanyak 86.9% berlangsung di Twitter dimana 'KPU' menjadi yang paling banyak di-mention netizen, dengan total 4.413 buzz.

"KPU jadi trending topic pasca sidang 18 Juni kemarin. Banyak netizen yang membahas seputar penolakan perbaikan permohonan gugatan dari paslon nomor dua, juga terkait alat bukti yang diserahkan KPU untuk MK," jelas Insights Manager dari Isentia Indonesia, Rendy Ezra dalam keterangan tertulisnya, Kamis (4/7). 

Selain KPU, 'Bawaslu' juga menjadi trending topik selanjutnya dengan 771 buzz. Yakni pernyataan Ketua Bawaslu, Abhan yang menyebut bahwa pihaknya tidak menerima adanya keluhan atas ketidaknetralan Polri dan pihak Intelijen selama Pemilu berlangsung.

'Tim Kuasa Hukum 01' juga menjadi salah satu trending topik. Yakni terkait tanggapan bahwa hanya pihak Bawaslu yang berhak mendalami dan menyelesaikan permasalahan gugatan kecurangan terstruktur, sistematik dan masif (TSM) ini. 

Untuk figur yang paling sering di-mention, 'Prabowo' berada di urutan teratas dengan 52.8% dari total buzz, diikuti Jokowi 29.2%, serta Hairul Anas 7.3%, dan Sandiaga Uno 5.6%. Selanjutnya Bawaslu 3.5%, serta Maruf Amin 1.6%. 

Sementara itu, dari keseluruhan percakapan terkait di dunia maya, 50.4% di antara netizen berpandangan netral terhadap topik ini. Lalu ada 31.4% mengutarakan pendapat positif, dan sisanya 18.2% negatif.

330