Home Ekonomi Wagub Sumut Meminta Masyarakat Kuala Tanjung Diberdayakan

Wagub Sumut Meminta Masyarakat Kuala Tanjung Diberdayakan

Medan, Gatra.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meminta pihak pengembang Pelabuhan Kuala Tanjung memberdayakan masyarakat. Pengembangan pelabuhan tersebut harus berkontribusi untuk kesejahteraan masyarakat.

Dalam pertemuan dengan pihak PT Pelindo I, di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (4/7), Musa Rajekshah meminta agar dilakukan pemberdayaan masyarakat sekitar pelabuhan. Pemberdayaan tersebut meliputi pengembangan bidang pendidikan, keterampilan, hingga ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Bea Cukai Belawan Dukung Pelabuhan Belawan Bebas Korupsi

Lelaki yang akrab disapa Ijek itu menegaskan bahwa keterlibatan Pelindo I untuk pendidikan sangat penting. Karena itu, pihak Pelindo I tidak hanya melakukan pelatihan. Namun pihak PT Pelindo I diharapkan bersedia menghibahkan lahan untuk dibangun Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) khusus tentang perlabuhan dan perkapalan. Serta siswanya berasal dari masyarakat sekitar Kuala Tanjung.

“Dengan begitu, pendidikan masyarakat dapat lebih ditingkatkan, yang pada akhirnya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga harapan untuk Sumut yang sejahtera dan bermartabat dapat terwujud,” katanya.

Baca Juga: Wagub Sumut Meminta Tender Dilaksanakan Sesuai Aturan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyambut positif rencana PT Pelindo 1 untuk membangun dan mengembangkan Pelabuhan Kuala Tanjung. Pemprov Sumut untuk mensejahterakan masyarakat dan membuat Sumut yang bermartabat. “Artinya, janganlah nanti setelah Pelabuhan Kuala Tanjung maju, tapi para pelaku perekonomiannya dikuasai orang luar, dan kita hanya jadi penonton," ujarnya.

Direktur PT Pelindo 1 Dian Rachmawan menyambut positif harapan yang disampaikan Wagub Sumut, Musa Rajekshah. Pihaknya setuju dengan rencana dibangunnya SMK di kawasan tersebut, dan kelak pelabuhan akan menggunakan tenaga kerja yang merupakan lulusan SMK kejuruan tersebut. “Dalam waktu dekat Pelindo 1 juga akan bekerja sama dengan BUMD Sumut, yakni Tirtanadi dalam hal pengadaan air bersih,” katanya.

Baca Juga: Belawan Akan Jadi Tempat Rekreasi

Seperti yang diketahui Pelabuhan Kuala Tanjung memiliki potensi yang sangat besar, karena posisinya yang strategis. Kuala Tanjung sebagai perlintasan kapal dari berbagai negara seperti India, Tiongkok dan negara lainnya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

396