Home Ekonomi Embarkasi Solo akan Berangkatkan 34.861 Calon Haji

Embarkasi Solo akan Berangkatkan 34.861 Calon Haji

Boyolali, Gatra.com – Tahun ini sebanyak 34.861 calon haji diberangkatkan dari embarkasi Solo. Mereka merupakan jemaah haji dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo Agus Widakdo mengatakan tahun ini ada 97 kelompok terbang (kloter) yang diberangkatkan dari embarkasi Solo. Persiapan PPIH Solo sudah mencapai 90 persen.

”Kloter pertama merupakan jamaah haji dari Sukoharjo. Mereka akan masuk asrama haji besok Sabtu (6/7) dan akan diberangkatkan pada Minggu (7/7) dengan penerbangan pukul 05.35 WIB,” ucapnya, Jumat (5/7).

Jemaah haji dari Sukoharjo yang berjumlah 353 orang akan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6101 melalui Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo.

Kloter ini dijadwalkan kembali ke Tanah Air pada 18 Agustus menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 6201. ”Mereka akan didampingi oleh tujuh petugas dari TPHD (Tim Pembimbing Haji Daerah) Jawa Tengah,” ucapnya.

Untuk menyiapkan keberangkatan calon haji, koper milik jemaah sudah dimasukkan ke asrama sehari sebelum mereka dikarantina. Koper-koper ini akan diperiksa sebelum masuk ke bagasi pesawat.

”Kami mengantisipasi adanya benda berbahaya yang mengganggu penerbangan. Termasuk jika ada koper yang melebihi berat yang ditentukan,” ucapnya.

 

722