Home Kesehatan Kementan Tingkatkan Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

Kementan Tingkatkan Pengawasan Kesehatan Hewan Kurban

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pertanian (Kementan) akan meningkatkan pengawasan teknis kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner hewan kurban demi menjamin kesehatan, keamanan, dan kelayakan daging kurban pada pelaksanaan ibadah kurban Hari Raya Iduladha 1440 H.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH), Kementan, I Ketut Diarmita, di Jakarta, Selasa (23/7), menyampaikan, ada beberapa langkah dan upaya yang telah dilakukan, di antaranya meminta dinas yang membidangi fungsi Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi dan kabupaten atau kota untuk segera melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan hewan kurban di tempat penampungan atau pemasaran.

Baca juga: Kementan Imbau Waspadai Anthraks pada Hewan Kurban

Kemudian, pengaturan dan pengawasan tempat penampungan atau pemasaran hewan, pengawasan pelaksanaan dan jadwal vaksinasi anthraks, sosialisasi dan bimbingan teknis kepada petugas dan panitia pelaksana kurban, serta pemeriksaan teknis pada hewan sebelum dan setelah pemotongan saat pelaksanaan kurban.

"Sudah ada 2 surat edaran Dirjen PKH yang kita kirimkan ke provinsi atau kabupaten atau kota dalam rangka peningkatan kewaspadaan terhadap penyakit serta penjaminan keamanan produk hewan kurban yang ASUH," kata Ketut dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, Kementan juga akan menerjunkan Tim Bantuan Pengawasan Hewan Kurban 1440H untuk menyupervisi pemeriksaan dokumen kesehatan hewan, melakukan pemeriksaan sebelum dan setelah pemotongan (ante dan post mortem), dan mengawasi penyembelihan dan penanganan daging serta jeroan hewan kurban, selama Hari Raya Kurban.

"Sebagai bentuk perlindungan kesehatan masyarakat dari ancaman penyakit seperti penyakit Anthrax, sama dengan tahun-tahun sebelumnya, kita akan segera terjunkan Tim Pemantauan Hewan Kurban di seluruh Indonesia yang terdiri dari petugas pusat, provinsi, kab aau kota, juga dari unsur mahasiswa kedokteran hewan, dan organisasi profesi," kata Ketut.

Baca juga: Kementan Terjunkan Tim Pastikan Hewan Kurban Bebas Anthraks

Sementara itu, Syamsul Ma'arif, Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Ditjen PKH, menambahkan bahwa Kementan juga akan memberikan Bimbingan Teknis bagi panitia kurban terkait penanganan hewan kurban, penyembelihan halal, dan penanganan daging kurban yang higienis untuk petugas dinas di Jabodetabek, serta memberikan sosialisasi tentang pelaksanaan pemotongan hewan kurban baik melalui berbagai media secara langsung maupun tidak langsung.

Dalam rangka penjaminan halal, Syamsul juga menerangkan bahwa Kementerian Agama akan menurunkan 10 tim untuk bersama sama Ditjen PKH melakukan pemantauan dari aspek kehalalan dalam proses pemotongan hewan kurban serta melakukan penyuluhan kepada DKM terkait persyaratan hewan kurban sesuai syariah Islam di Daerah Bogor, Depok, dan DKI Jakarta.

400