Home Ekonomi Gangguan di Ungaran, PLN Solo Berupaya Listrik Tak Padam

Gangguan di Ungaran, PLN Solo Berupaya Listrik Tak Padam

Solo, Gatra.com – PLN Unit Pelayanan Pelanggan (UP3) Solo memastikan tidak ada pemadaman bergilir di area Solo Raya. Hal ini menyusul gangguan yang terjadi pada transmisi di Ungaran dan Pemalang.

”Kebetulan untuk wilayah Solo Raya ikutnya sistem di timur. Kami biasanya ambil sisi transmisi 500 KV Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) dari Ungaran dan sebagian dari Pedan (Klaten),” ucap Manajer PLN UP3 Surakarta Mundhakir, Selasa (6/8).

Baca Juga: UGM: Kompensasi PLN Kultur Baru, Tapi Jangan karena Politik

Menurutnya, sisi transmisi tersebut tidak mengalami masalah sehingga diperkirakan tidak ada pemadaman listrik secara bergilir. Mundhakir mengakui ada sebagian area di Solo yang mengalami pemadaman listrik pada Minggu (4/8).

”Memang hari Minggu lalu sempat terjadi 'under frecuency' satu jalur dari Banyudono (Boyolali), satu jalur dari Jajar (Solo), dan satu jalur dari Palur (Karanganyar). Meski demikian, pemadaman tak memakan waktu lama, bahkan tak sampai satu jam,” katanya.

Baca Juga: Listrik PLN Mati, Batan Anggap PLTN Jadi Solusi

Selain itu, subsistem trafo sempat berpindah dari Sragen ke Pedan (Klaten) karena tegangan rendah. Namun kondisi ini langsung ditangani sehingga listrik tetap normal. Selama ini rata-rata konsumsi listrik di UP3 Solo sebesar 450 megawatt (MW).

Pelanggan PLN di area Solo Raya sekitar 765.000 pelanggan. ”Pasca-padamnya listrik yang terjadi hari Minggu lalu, saat ini kondisinya sudah normal,” ucapnya.

 

285