Home Internasional Sejarah Konflik Kashmir, Konflik Paling Berbahaya di Dunia

Sejarah Konflik Kashmir, Konflik Paling Berbahaya di Dunia

Kashmir, Gatra.com - Perselisihan tentang Kashmir telah merusak hubungan antara India dan Pakistan sejak keduanya menjadi negara merdeka pada tahun 1947. Ketegangan telah tumbuh selama 7 dekade terakhir, dan memanas kembali pasca-India mencabut otonomi khusus Kashmir yang berada di wilayah India.

Dilansir laman DW, Kamis (8/8), seperti banyak konflik di seluruh dunia, perselisihan tentang Kashmir dimulai dengan kemerdekaan dari kekuatan kolonial. Pada tahun 1947, Britania Raya menyerah kepada rakyat di koloni Indianya dan memberikannya kemerdekaan. Inggris yang mundur meninggalkan dua negara: Uni India sekuler dan Republik Islam Pakistan.

Pemisahan India pada tahun 1947 menghadirkan masalah bagi negara bagian Jammu dan Kashmir, yang terletak tepat di sepanjang perbatasan utara kedua negara baru itu.

Secara tradisional, negara diperintah oleh seorang maharaja Hindu (penguasa lokal), tetapi mayoritas penduduknya adalah Muslim. Berharap untuk dapat mendeklarasikan wilayahnya independen, Maharaja Hari Singh awalnya tidak bergabung dengan India atau Pakistan, yang keduanya tertarik pada konstelasi sosial khusus di Lembah Kashmir ini.

Sampai hari ini, India melihat dirinya sebagai negara sekuler dan beberapa agama hidup berdampingan. Ini membuat Jammu dan Kashmir, satu-satunya provinsi dengan mayoritas Muslim menjadi bagian penting dari pluralitas agama di India.

Pada saat itu, Pakistan melihat dirinya sebagai rumah bagi semua Muslim di Asia Selatan. Bapak pendirinya, Muhammad Ali Jinnah, membayangkan Pakistan dan India sebagai negara Muslim dan Hindu yang terpisah di anak benua itu. Sampai tahun 1971, Bangladesh yang terletak di sebelah timur India, merdeka dari Pakistan.

Perang Kashmir

Sementara maharaja ragu-ragu untuk menjadikan Kashmir bagian dari kedua negara, pada tahun 1947, gerilyawan Pakistan berusaha untuk membawa kerajaan Kashmir di bawah kendali mereka. Hari Singh meminta bantuan ke New Delhi, dan tidak butuh waktu lama bagi pasukan dari India dan Pakistan untuk berhadapan.

Perang pertama Kashmir dimulai pada Oktober 1947 dan berakhir pada Januari 1949 dengan pembagian negara secara de facto di sepanjang Garis Kontrol, sebuah garis perbatasan tidak resmi yang masih diakui hingga saat ini.

Saat itu, PBB mengirim pengamat yang masih berada di lapangan hingga hari ini. Pakistan telah menguasai provinsi khusus utara Gilgit-Baltistan dan sub-wilayah Azad Kashmir berbentuk sabit sejak 1949.

Bagian yang dikuasai India menjadi negara federal Jammu dan Kashmir pada tahun 1957, dengan status otonomi khusus yang memungkinkan badan legislatif negara bagian memiliki suara dalam legislasi yang mencakup semua masalah kecuali pertahanan, urusan luar negeri, dan komunikasi.

Dekade berikutnya ditandai oleh perlombaan senjata di kedua Negara. India mulai mengembangkan bom nuklir dan Pakistan juga memulai program nuklir dengan tujuan mampu bertahan dari ancaman negara tetangganya. Hari ini, India dan Pakistan masing-masing diperkirakan memiliki 140 dan 150 hulu ledak nuklir. Tidak seperti Pakistan, India secara eksplisit mengesampingkan serangan nuklir pertama.

Pakistan juga menghabiskan banyak dana untuk program nuklirnya karena negara itu berusaha memastikan tidak akan ketinggalan dari tetangganya dalam hal militer.

Pada 1965, Pakistan sekali lagi menggunakan kekuatan militer untuk mencoba mengubah perbatasan, tetapi kali ini Kashmir tidak berada di pusat konfrontasi. Sebaliknya, perjuangan kemerdekaan di Bangladesh yang memicu perang. India, yang mendukung pejuang kemerdekaan Bangladesh, sekali lagi mengalahkan Pakistan.

Setahun kemudian, India dan Pakistan menandatangani Perjanjian Simla yang menggarisbawahi pentingnya Ggaris kontrol dan berkomitmen untuk melakukan negosiasi bilateral untuk menglarifikasi klaim ke wilayah Kashmir untuk selamanya.

Pada 1984, India dan Pakistan berselisih lagi; kali ini di atas Gletser Siachen yang dikendalikan India. Pada tahun 1999, kedua belah pihak berjuang untuk menguasai pos-pos militer di sisi India. Pada tahun 2003, India dan Pakistan menandatangani gencatan senjata baru, tetapi kembali rapuh sejak 2016.

Tetangga ketiga

Cina yang memiliki perbatasan panjang dengan Jammu dan Kashmir, juga memainkan peran dalam konflik ini. Pada tahun 1962, Cina menduduki bagian dari India yang berbatasan dengan Kashmir dan mengadakan aliansi dengan Pakistan. Hingga hari ini, Cina dan Pakistan berdagang melalui Karakoram Highway yang baru dibangun menghubungkan kedua negara melalui wilayah Kashmir barat. Sebagai bagian dari proyek Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) bernilai miliaran dolar, saat ini koridor itu sedang diperluas.

Bekas jalan kerikil tersebut saat ini sedang dikembangkan menjadi jalan raya aspal multi-jalur yang dapat digunakan sepanjang tahun. Cina menginvestasikan US$57 miliar (€ 51 miliar) dalam proyek infrastruktur dan energi Pakistan, lebih banyak daripada di negara Asia Selatan lainnya. Aliansi ekonomi dengan tetangganya yang kuat telah membantu memperkuat klaim Pakistan terhadap kaki bukit Himalaya.

Pemberontak dan serangan

Namun, pemerintah India, Pakistan dan China bukan satu-satunya pihak dalam konflik di Kashmir. Dengan menggunakan kekerasan, kelompok-kelompok militan telah berusaha mengganggu status quo di kedua sisi garis kontrol sejak tahun 1980-an. Serangan-serangan mereka telah berkontribusi pada memburuknya situasi keamanan.

Setidaknya 45.000 orang telah tewas dalam serangan teroris selama 30 tahun terakhir. Dan jumlah total kematian akibat konflik ini setidaknya menelan korban 70.000 jiwa.

18725