Home Gaya Hidup Sapi Kurban Jokowi di Gunungkidul Mogok Makan

Sapi Kurban Jokowi di Gunungkidul Mogok Makan

Gunungkidul, Gatra.com - Sapi kurban bantuan Presiden Joko Widodo untuk warga di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tak mau makan. Sapi itu kelelahan setelah menempuh perjalanan jauh dari Kota Yogyakarta ke Desa Mulusan, Kecamatan Paliyan, pada Jumat (9/8). 
 
Seorang peternak sapi, Budi Raharjo, 35 tahun, warga Dusun Watu Gilang B, Mulusan, Paliyan, dipercaya merawat sapi itu. Budi mengatakan, sesampai di kandang ternak di rumahnya pukul 10.00 WIB, ia mulai memberi makan hewan kurban itu.
 
"Tapi belum mau makan, saya coba tadi kasih makan jagung. Mungkin karena kelelahan dan adaptasi lingkungan juga," kata Budi saat ditemui di rumahnya, Jumat (9/8) siang. 
 
 
Budi mengatakan kondisi sapi seperti itu hal biasa. Menurutnya hanya butuh waktu beberapa jam agar sapi jenis simental itu mau makan.  "Mungkin sore nanti baru mau makan. Besar memang ukurannya, tapi tidak kesulitan merawat. Sudah biasa," katanya. 
 
Sapi tersebut memiliki berat sekitar 1,1 ton. Pada hari raya Iduladha, Minggu (10/9), sapi ini diserahkan secara simbolis oleh Bupati Gunungkidul kepada takmir Masjid Nur Maunah di Dusun Watu Gilang B. 
 
Setelah disembelih, daging sapi ini rencananya dibagikan ke 600 warga di sekitar masjid dan di luar desa yang telah mengajukan proposal. "Sudah ada beberapa proposal yang masuk ke takmir masjid. Nanti dibagi rata," katanya. 
 
 
Kepala Bagian Humas Biro Umum, Humas, dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, pada perayaan Iduladha 1440 Hijriah, Presiden Jokowi menyumbangkan dua ekor sapi ke DIY.  Selain sapi di Gunungkidul ini, ada sapi jenis peranakan ongole (PO) 1,037 kilogram. "Sapi ini diserahkan ke takmir Masjid Istana Negara Yogyakarta," katanya. 
 
Dua sapi itu pada 15 Juli 2019 telah dinyatakan memenuhi syarat sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 114/Permentan/PD.410/9/2014 tentang pemotongan hewan. Selain itu, sapi tersebut memenuhi persyaratan syariat Islam, yakni hewan itu sehat, tidak cacat, tidak kurus, berjenis kelamin jantan, dan cukup umur. Sapi kurban dari Presiden Jokowi ini diserahterimakan di Kantor Gubernur DIY, Jumat (9/8) pagi.
583