Home Gaya Hidup Insya Allah Mabrur, 360 Haji Tiba di Tanah Air Via Donohudan

Insya Allah Mabrur, 360 Haji Tiba di Tanah Air Via Donohudan

Boyolali, Gatra.com – Sebanyak 360 jemaah haji tiba di Asrama Haji Donohudan. Mereka adalah kelompok terbang pertama yang berasal dari Kabupaten Sukoharjo.

Kasubag Humas dan Protokol Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Agus Widakdo mengatakan kloter pertama ini awalnya direncanakan tiba di Bandara Internasional Adi Soemarmo pada pukul 09.45 WIB. Namun penerbangan kloter ini mundur dari jadwal semula dan menjadi 10.45 WIB. Jemaah haji asal Sukoharjo ini berjumlah 350 orang ditambah  10 orang dari Wonogiri.

”Penerbangan ini mundur karena traffic di bandara Arab Saudi yang padat,” ucapnya saat ditemui di Asrama Haji Donohudan, Minggu (18/8).

Selain kloter 1,  kloter 2 dan kloter 3 rencananya juga tiba hari ini. Semula direncanakan ada empat kloter yang pulang, namun kloter 4 ditunda.

”Kloter 4 mundur menjadi Senin (19/8) dini hari,” ucapnya.

Selain kloter 1 dan kloter 4 yang mundur dari jadwal penerbangan semula, kloter lain yang diperkirakan tidak sesuai dengan jadwal penerbangan yakni kloter 20, kloter 21, kloter 22, dan kloter 32.

”Totalnya ada 97 kloter. Kalau debarkasi jadwalnya kami ikut di Arab Saudi. Kalau maju ya maju, kalau mundur ya mundur. Sebab ini terkait jadwal penerbangan dari bandara di Arab Saudi,” ucapnya.

Sejauh ini PPIH hanya bisa memantau jadwal penerbangan dari panitia haji yang mendampingi rombongan. Selain itu mereka meneruskan informasi pada panitia di tiap daerah untuk dikabarkan ke keluarga jemaah haji.

”Kami juga terus memantau fake radar agar bisa sewaktu-waktu update untuk menyambut kedatangan jemaah,” jelasnya.

185