Home Milenial Putri Selam Indonesia Ikut Bersihkan Sampah di Pantai Ancol

Putri Selam Indonesia Ikut Bersihkan Sampah di Pantai Ancol

Jakarta, Gatra.com - Putri Selam Indonesia 2019, Anavaliza Atmadja mengapresiasi kegiatan "Menghadap Laut 2.0". Agenda yang diinisiasi Pandu Laut Indonesia, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan bersih-bersih pantai yang diikuti ratusan orang dari berbagai elemen.

Saat ditemui di Pantai Timur Ancol Jakarta, Anavaliza tampak sedang mengumpulkan berbagai jenis sampah yang tersebar di pinggir pantai, kemudian dimasukkan ke dalam karung dan ditimbang.

"Saat ini semua orang lagi bareng-bareng membersihkan pantai dan di sini banyak banget sampahnya. Aku senang karena bisa ikut membersihkan langsung pantai ini. Dengan terjun langsung, kita jadi tahu bahwa sampah plastik sulit terurai," jelasnya, Ahad (18/8).

Menurut Anavaliza, saat ini sudah saatnya masyarakat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk tidak membuang sampah ke laut.

"Harapannya ketika balik dari sini kita semua bisa belajar banyak, dan bisa menginspirasi orang supaya enggak menggunakan plastik sekali pakai, supaya enggak mengotori laut Indonesia," ujarnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan laut.

"Kita tidak mau di 2030 nanti lebih banyak sampah plastik daripada ikan di laut kita. Laut pun harus sehat agar ikan lebih banyak. Kita semua harus berubah dan hilangkan kebiasaan buruk," ungkapnya.

Diketahui, "Menghadap Laut 2.0" merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh Pandu Laut Indonesia KKP dengan bersih-bersih pantai yang dilaksanakan di 108 titik di seluruh Indonesia dalam waktu bersamaan.

 

488