Home Kesehatan Antisipasi ISPA, Pemkab Tebo Bagikan 60 Ribu Masker

Antisipasi ISPA, Pemkab Tebo Bagikan 60 Ribu Masker

Tebo, Gatra.com - Pemerintah Kabupaten Tebo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Tebo mulai membagikan masker gratis kepada masyarakat. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko kesehatan akibat kemarau panjang dan kabut asap.

Kepala Dinkes Tebo, dr. Riyana Elizabet mengatakan penyaluran atau pemberian masker ini digelar serentak di 20 puskesmas yang ada di Kabupaten Tebo. "Ini perintah langsung dari Bapak Bupati Tebo, Sukandar. Sebanyak 60 ribu masker yang kita distribusikan kepada masyarakat," kata dr Riana ketika dikonfirmasi Gatra.com, Rabu (21/8).

Untuk mengurangi kabut asap, menurut dr Riana, Sukandar mengimbau masyarakat agar tidak membakar lahan atau kebun. "Bupati juga minta kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan cara membatasi aktivitas fisik di luar rumah. Ggunakan masker, perbanyak minum air putih dan jika ada keluhan segera datangi fasilitas kesehatan terdekat," ujarnya.

Ia berkata jika dalam sebulan ini terjadi peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Karena itu, dia minta kepada seluruh puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya kabut asap.

"Saya minta juga kepala seluruh puskesmas agar melaporkan kasus ISPA setiap minggu. Ini dilakukan agar kita bisa cepat mengambil tindakan yang diperlukan," kata dia.

132