Home Politik KJRI Siap Membantu Upayakan Pemulangan Meimeris

KJRI Siap Membantu Upayakan Pemulangan Meimeris

Penang, Gatra.com - Pelaksana Fungsi Konsuler 2 Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Penang, Ester Rajagukguk mengatakan siap membantu upaya penanganan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumatera Utara (Sumut).

Sesuai dengan informasi yang dihimpun Gatra.com dari Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, KJRI akan terlibat dalam pemulangan Tenaga Kerja Wanita (TKW) Meimeris Tumanggor. Termasuk upaya release and discharge, negosiasi dengan majikan dan pemulangannya ke tanah air.

Baca Juga: Sabrina Diutus Tangani TKI Asal Sumut

“Pada prinsipnya kami mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut terkait TKW Meimeris Tumanggor, karena itu, kami atas nama KJRI di Penang akan sepenuhnya membantu penanganan masalah ini, sehingga Meimeris Tumanggor dapat segera dipulangkan ke kampung halaman,” ujar Ester, Senin (26/8).

Sebelumnya, Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi memerintahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut, Sabrina dan tim untuk segera berngkat ke Penang, Malaysia. Tim diminta segera mengurus dan melakukan tindakan untuk penanganan TKW yang dirawat di Rumah Sakit Kerajaan Malaysia di Bukit Martajam Penang.

Baca Juga: Penanganan Meimeris di Malaysia Telah Dibahas

Terutama tentang pengobatan dan upaya pemulangan wanita kelahiran Tumba Jae Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), dengan alamat paspor di Pematangsiantar itu. TKI Asal Sumut, bernama Meimeris Tumanggor terlantar di Penang, Malaysia.

Sempat bekerja 3 tahun di satu sekolah di Bukit Martajam, Penang, tanpa diberi gaji dan ketika jatuh sakit ditinggalkan majikannya di halaman depan Kantor Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Penang.

Baca Juga: Hari ini, Pemprov Sumut Upayakan Pemulangan Meimeris

Namun karena tidak punya paspor dan takut ditahan serta dipulangkan, Meimeris tidak berani masuk KJRI, dan cuma berani di halaman KJRI. Kemudian dia ditemukan anggota NGO Perkumpulan Persatuan Masyarakat Indonesia di Malaysia (Permai) dan kemudian membawanya ke Rumah Sakit Kerajaan Malaysia di Bukit Martajam Penang.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

343