Home Politik Hari ini, Pemprov Sumut Upayakan Pemulangan Meimeris

Hari ini, Pemprov Sumut Upayakan Pemulangan Meimeris

Penang, Gatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengupayakan pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Sumut, Meimeris Tumanggor, 37 dari Malaysia, hari ini, Senin (26/8).

Perwakilan Pemprov Sumut yang diutus ke Malaysia untuk menangani masalah Meimeris di Malaysia, Pelaksana Fungsi Konsuler 2 KJRI, Ester Rajagukguk dan Kompol Danu, Atase Kepolisian Republik Indonesia di Penang.

Baca Juga: Sabrina Diutus Tangani TKI Asal Sumut

Pemprov Sumut yang diwakilkan langsung olek Sekretaris Daerah (Sekda) Sabrina mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan langkah cepat untuk menangani TKW asal Sumut yang sakit di Penang,

Pertemuan tersebut, membahas rencana kunjungan ke Rumah Sakit Kerajaan Malaysia di Bukit Martajam Penang, tempat dirawatnya Meimeris Tumanggor. Selain untuk melihat kondisi terkini Meimeris Tumanggor, juga akan dilakukan pembicaraan dan negosiasi dengan pihak rumah sakit.

Baca Juga: Penanganan Meimeris di Malaysia Telah Dibahas

Hal ini sebagai upaya jaminan pembebasan dari tuntutan hukuman, release and discharge. “Jika release and discharge disetujui, kita upayakan pemulangan TKW Meimeris Tumanggor ke tanah air, hari ini,” ujar Sabrina.

Pertemuan di KJRI Penang, juga membahas upaya hukum dan pertemuan dengan pihak majikan Meimeris Tumanggor, terkait hak-haknya sebagai TKW yang belum didapatkannya. Upaya persuasif ini dilakukan mengingat, Meimeris Tumanggor datang ke Malaysia dengan menggunakan paspor turis dan sudah overstay.

Baca Juga: Calon Pekerja Ilegal Asal Kupang Digagalkan Masuk Malaysia

“Karena itu, tidak bisa dilakukan dengan prosedur hukum normatif, maka kita usahakan dengan cara persuasif,” terangnya.

Dari pertemuan tersebut, juga diketahui kronologi, kondisi dan status TKW, perkembangan kesehatan, dan membahas alternatif pemulangan serta biaya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

91