Home Kesehatan Mandi Air Hangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

Mandi Air Hangat Bermanfaat Bagi Kesehatan

New York, Gatra.com - Lelah  tetapi tidak bisa tidur, atau sakit tetapi karena alasan tertentu? Mungkin juga mengalami stres di tempat kerja. Maka, mungkin sudah waktunya untuk bangun dan mandi air hangat.

Sebagian orang pernah mendengar sebelumnya, bahwa mandi air hangat adalah obat terkenal untuk yang kesulitan tidur. Suhu air hangat tampaknya membuat tubuh kita rileks.

Dilansir dari Medical Daily, Jumat (30/8), ada penelitian baru-baru ini yang mengungkapkan, berendam di air hangat sebelum tidur bertindak sebagai sinyal bagi kelenjar pineal otak untuk mulai memproduksi melatonin yang juga dikenal sebagai hormon tidur. Itulah sebabnya, mandi air hangat akhirnya membantu tertidur lebih nyenyak.

Seorang peneliti doktoral di Departemen Teknik Biomedis University of Texas di Austin, Shahab Haghayegh, melakukan analisis terhadap lebih dari 5.000 penelitian. Dari situ ia menyimpulkan bahwa mandi air hangat sebaiknya dilakukan 1-2 jam sebelum tidur. Idealnya, durasi mandi tidak boleh lebih dari 10 menit. Cukup mengejutkan, mandi air hangat memang terbukti dapat membantu mengurangi rasa sakit tubuh.

Orang yang lebih tua cenderung mengalami cedera sendi atau radang sendi. Dengan mandi air hangat, dapat membantu mengendurkan otot dan mengurangi tekanan pada persendian, seperti lutut. Selain itu, juga meningkatkan sirkulasi dan mengurangi rasa sakit, serta membantu untuk tidur lebih tenang.

135