Home Internasional Iran Bersedia Kembali dalam Pakta Nuklir dengan Syarat Ini

Iran Bersedia Kembali dalam Pakta Nuklir dengan Syarat Ini

Dubai, Gatra.com - Seorang pejabat senior Iran mengonfirmasi bahwa Teheran akan kembali berkomitmen pada kesepakatan nuklir dengan syarat mendapatkan US$ 15 miliar untuk penjualan minyak dalam jangka waktu 4 bulan. Hal itu sebagaimana yang ditetapkan dalam rancangan rencana Perancis untuk menyelamatkan perjanjian tersebut. 

Seperti di lansir Reuters, Rabu (4/9), Perancis telah menawarkan Iran sekitar US$ 15 miliar dalam batas kredit hingga akhir tahun ini jika Teheran bersedia kembali sepenuhnya pada pakta nuklir. Wakil Menteri Luar Negeri Abbas Araqchi menyatakan pernyataan senada. 

"Kembalinya kami ke implementasi penuh dari perjanjian nuklir tunduk pada penerimaan US$15 miliar selama periode empat bulan, jika tidak, proses mengurangi komitmen Iran akan terus berlanjut," ujar Araqchi. 

"Baik Eropa harus membeli minyak dari Iran atau memberi Iran setara dengan menjual minyak sebagai batas kredit yang dijamin oleh pendapatan minyak Iran, yang dalam arti berarti prapenjualan minyak," ujarnya. 

Penjualan minyak Iran telah anjlok sejak Amerika Serikat (AS) menarik diri dari kesepakatan nuklir tahun lalu dan menerapkan kembali sanksi terhadap Teheran.

Tetapi Araqchi mengatakan, masih ada ketidaksepakatan serius dalam agenda pembicaraan di masa depan antara Iran dan mitra kesepakatan nuklirnya.

103