Home Ekonomi Konekivitas Jadi Penting dalam Teknologi Ekonomi Digital

Konekivitas Jadi Penting dalam Teknologi Ekonomi Digital

Jakarta, Gatra.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut, konektivitas menjadi penting sebagai sarana menyambung pertumbuhan teknologi ekonomi digital.

Menurutnya, Indonesia bisa mendapatkan manfaat maksimal dari teknologi digital. Diharapkan, seluruh wilayah Indonesia dapat dijangkau oleh konektivitas internet, demi mendukungnya kemudahan komunikasi dan pertumbuhan ekonomi.

"Kalau disebutkan statistiknya, kita lihat di Indonesia ini, mereka yang memiliki akses ke internet masih kurang dari 60%. Karena itu berarti masih banyak upside benefit yang mungkin bisa terjadi dengan banyaknya orang yang bisa connect kepada internet," ujarnya di Hotel The Westin, Jakarta, Selasa (24/9).

Sri Mulyani menyebut, dengan adanya connection, masyarakat dapat memiliki pilihan terhadap hidup. Itu artinya bisa membuka berbagai macam pekerjaan, kreativitas, yang bisa ditunjang. Apa yang dilakukan selama ini oleh pemerintah adalah membangun konektivitas, terutama Palapa Ring.

"Pemerintah selama ini membangun konektivitas terutama dengan Palapa Ring, di Indonesia Tiimur, Barat dan Tengah. Itu juga merupakan salah satu cara untuk bisa menyediakan infrastruktur," jelasnya.

Bahkan, lanjut Menkeu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merencanakan untuk penambahan satelit yang diharapkan Indonesia bisa mencapai jaringan 5G. Mengingat, kebutuhan akan internet di Indonesia yang dinilai cukup besar.

"Sebenarnya teknologi juga memudahkan, jadi dari user tergantung mereka yang menggunakan dalam platform itu. Mungkin basic understanding menggunakan handphone untuk tujuan produksi sampai kepada mereka yang mungkin bisa menganalisa data, atau mereka yang mungkin bisa jadi programmer," jelasnya.

 

 

102

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR