Home Politik Tatap Peparnas, Cari Atlet Pelajar Difabel Terbaik

Tatap Peparnas, Cari Atlet Pelajar Difabel Terbaik

Medan, Gatra.com - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencari atlet pelajar yang akan berlaga Pekan Paralimpik Pelajar nasional (Peparpenas) November 2019.

Pencarian atlet bersama Pengprov Paralympic Committee (NPC) Sumut tersebut dilakukan melalui seleksi daerah yang diikuti 174 pelajar disabilitas dari berbagai Sekolah Luar Biasa (SLB) maupun sekolah umum yang ada di Kabupaten dan kota Se Sumatera Utara, di PPLP Sumut, Medan Sunggal, 25 hingga 27 September.

Baca Juga: Korupsi Lintasan Atletik, Anak Buah Baharuddin Ditahan

Selekda kali ini dilaksanakan untuk enam cabang olahraga. Ke-6 cabor tersebut, yakni, atletik, bulutangkis, tenis meja, Boccia, Renang, dan catur. Pada Peparnas 2019, setiap kontingen lrovinsi mendapat kuota 20 atlet di enam cabang olahraga. Ke-20 atlet tidak dibagi untuk tiap cabor, melainkan klasifikasi.

Diantaranya Tuna daksa (8), tuna netra (4) , tuna rungu (4), tuna grahita (4). Koordinator Selekda, Ramdoni Rusdi mengatakan, dari kebutuhan untuk Peparnas nantinya, hanya ditetapkan 20 atlet menjadi kekuatan Sumut diajang tersebut.

Baca Juga: Korupsi Sirkuit Atletik Anak Buah Baharuddin Tersangka

"Peserta ada 174 orang, plus official total 200 lebih yang ikut selekda. Kita harapkan atlet yang terjaring nantinya yang terbaik diantara yang terbaik," ungkapnya.

Dikatakan Ramdoni, bagi atlet yang terpilih untuk di masing-masing nomor juga belum jaminan otomatis dibawa ke Peparpenas. Mengingat masih banyak sejumlah pertimbangan, mulai dari limit waktu, peluang medali, hingga batasan kuota untuk masing-masing cabor.

"Yang kita ambil dari seleksi ini adalah catatan rekornya (limit). Hasil seleksi ini, akan rapatkan lagi dengan NPC dan tim pelatih untuk dibandingkan dengan provinsi lain," ucap pria yang menjabat Kasi olahraga rekreasi, tradisional, dan layanan khusus Dispora Sumut ini.

Baca Juga: Korupsi Dispora Sumut, Ruang Kerja Baharuddin Digeledah

Wakil Sekretaris NPC Sumut Suliadi, mengapresiasi pemerintah dalam hal ini Disporasu karena telah melaksanakan selekda, sebagai salah satu upaya keseriusan pemerintah mendukung penuh NPC dalam rangka meningkatkan prestasi lebih dari yang selam ini dicapai.

"Kita berharap, seleksi kali ini bisa terjaring atlet-atlet potensial yang bakal dipersiapkan untuk empat tahun ke depan menjadi atlet andalan Sumut di tingkat senior. Maka, kepada seluruh Pengurus cabang NPC juga turut serta mendukung para patriot olahraga difabel bisa meraih puncak prestasi di even nasional maupun PON," pungkasnya.

Reporter: Iskandar

286