Home Ekonomi Ingin Berkembang, BPR Perlu Berkolaborasi dengan Fintech

Ingin Berkembang, BPR Perlu Berkolaborasi dengan Fintech

Denpasar, Gatra.com - Menurut salah satu pelaku di industri perbankan di Bali, kolaborasi dengan fintech penting dilakukan. Menurut Chairman Founder BPR Lestari, Alex P Chandra, nantinya akan mampu memberi keuntungan antar satu dengan yang lain atau saling menguntungkan.

"Salah satu caranya memang dengan berkolaborasi tersebut, jadi kita (BPR) tidak usah membangun lagi. Tidak perlu membangun infrastrukturnya atau membikin sistemnya. Bisa dikatakan, telah ada membuat. Tinggal kita hanya mencolokanya saja," jelas Alex di Denpasar, Bali, Sabtu (28/9).

Perkembangan banking kedepan tentu sangat penting menjalin kerjasama dengan fintech. Akan tetapi, tentu tetap harus memperhatikan bisnis model yang akan dibangun seperti apa nantinya.

"Tetap penting melakukan kolaborasi tersebut, misal mereka (fintech) itu sebuah unit perusahan teknologi. Akan tetapi, tidak memiliki pasukan infantrinya. Kita memiliki penguasa lapanganya, akan tetapi tidak memiliki teknologinya. Ya, kolaborasi tersebut jawabanya," paparnya.

Ditambahkan, bank dalam hal ini tidak perlu membangun sendiri fintech. Jika membangun sendiri tentu tidak akan mampu juga.

140