Home Olahraga Asean Para Games, 2 Atlet NPC Sumut Dipanggil Pelatnas

Asean Para Games, 2 Atlet NPC Sumut Dipanggil Pelatnas

Medan, Gatra.com - Sumatera Utara kirimkan dua atlet National Paralympic Committee (NPC) masuk dalam program Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk dipersiapkan menuju ASEAN Para Games Filipina, Januari 2020 mendatang.

Keduanya, yakni Siti Nuraisyah Askin dan Muammar Habibila yang merupakan atlet cabang olahraga atletik NPC Sumut. Keduanya lolos pelatnas dari hasil seleksi nasional yang berlangsung September lalu.

Baca Juga: Asian Para Games 2018 Pecahkan Rekor Jumlah Peserta

Wakil Ketua Bidang Peningkatan Prestasi NPC Sumut, Mazrinal Nasution yang menilai keduanya memang pantas dipanggil ke pelatnas, karena dari hasil latihan keras di daerah terjadi peningkatan signifikan.

"Dua orang atlet NPC Sumut yang terakhir masuk pelatnas yakni Siti Nuraisyah di nomor tolak peluru T13 putri, dan Muammar Habibila di nomor sprint 100 meter T13 putra,” ungkap Mazrinal di Kantor NPC Sumut, Jalan GM Panggabean, Medan, Senin (14/10).

Baca Juga: Upacara Pembukanan Asian Para Games Tonjolkan Nilai Kemanusiaan dan Keberagaman

Lolosnya dua atlet tersebut sekaligus melengkapi total 24 atlet Sumut yang kini berada di pelatnas untuk membela Indonesia di ASEAN Para Games 2020. Sementara nasib kurang beruntung dialami Fahmi dan Suryani yang harus kembali ke Sumut, lantaran nomor lomba keduanya tidak dipertandingkan di ASEAN Para Games.

Dikatakan Mazrinal, ini merupakan pemanggilan terakhir atlet ke Pelatnas terkait promosi dan degradasi yang diberlakukan NPC pusat sejak Januari 2019. "Saya berharap mereka bisa perkuat tim Indonesia di ASEAN Para Games," harap Mazrinal.

Baca Juga: Indonesia Ciptakan Sejarah di Asian Para Games 2018

Lebih lanjut Mazrinal berharap 24 atlet Sumut bisa kembali menyumbangkan medali bagi tim Indonesia di ASEAN para Games. Jika pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia, atlet Sumut yang diperkuat 17 atlet mampu menyumbangkan 16 emas, 8 perak, 4 perunggu.

Mazrinal tentu berharap di Filipina ada peningkatan perolehan medali, sekaligus kembali mengantarkan Indonesia kembali tampil sebagai juara umum pada ASEAN Para Games 2017 Malaysia.

Baca Juga: Purnomo Sukses Pecahkan Rekor di Asian Para Games 2018

"Tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun 2017 kita sumbang 16 emas, 8 perak, 4 perunggu dengan diperkuat 17 atlet. Mudah-mudahan kita bisa peroleh lebih banyak medali karena kita kirimkan 24 atlet. Target kita minimal bisa 18 medali emas," harap Mazrinal.

Mazrinal pun optimis, sejumlah atlet Sumut yang baru pertama kali dipanggil ke Pelatnas bisa bersaing dengan atlet dari kontestan negara lain, bahkan bisa memberikan kejutan. Termasuk Siti dan Habibila berpeluang meraih medali emas dari hasil limit latihan terakhir.

Baca Juga: Berhijab, Atlet Ini Dilarang Bertanding di Asian Para Games 2018

"Mereka latihan di daerah sejalan dengan Peparnas 2020 di Jakarta. Siti berpeluang untuk dapat emas. Termasuk Habib, minimal dapat medali apakah perak atau perunggu. Tapi, semua tergantung dari keseriusan mereka,” jelasnya.

Selama ini prestasi NPC Sumut tak bisa dipandang sebelah mata. Pada Event nasional seperti Peparnas 2016, NPC Sumut berada di ranking tiga. Termasuk pada ajang Asian Para Games 2018 di Jakarta, atlet Sumut turut mempersembahkan 6 emas, 2 perak, 10 perunggu bagi kontingen Indonesia.

Reporter: Iskandar

291