Home Ekonomi Sri Mulyani: Siswa SD Paham Perlunya Bayar Pajak

Sri Mulyani: Siswa SD Paham Perlunya Bayar Pajak

Jakarta, Gatra.com - Sri Mulyani mengagumi tingkat kesadaran siswa-siswi kelas VI SDN Kenari 1, mengenai pentingnya membayar pajak. Para pelajar tersebut mengungkapkan, perlu membayar pajak demi kesejahteraan bersama.

"Itu solidaritas yang sangat luar biasa, keluar spontan dari mereka," ungkap Sri Mulyani di lobi SDN Kenari 1, Jakarta Pusat, Senin (4/11).

Sri Mulyani mengungkapkan, siswa-siswi sekolah dasar tersebut memiliki pengetahuan dasar yang sangat baik, namun kurang dikaitkan dengan sebuah narasi. Mereka menyadari bahwa mereka adalah Indonesia yang dipimpin oleh seorang presiden, dengan tujuan menyejahterakan rakyat serta menciptakan kemakmuran, keadilan, dan keamanan. Dari situlah mereka dibekali pengetahuan bagaimana mencapai tujuan-tujuan tersebut, salah satunya dengan keuangan negara.

Sri Mulyani mengungkapkan, melalui gerakan ini diharapkan dapat memberikan bekas dalam ingatan mereka bahwa Indonesia dapat maju dengan mengumpulkan sumber daya melalui keuangan negara yang harus diurus dengan baik yang kemudian digunakan untuk membiayai berbagai kebutuhan-kebutuhan pembangunan.

"Melalui proses ini kita harap mereka sejak dini sudah mengenal bahwa negara ini adalah negara kita yang merdeka dan berdaulat. Oleh karena itu, harus diurus oleh kita sendiri," katanya.

Sri Mulyani menjelaskan, peran dan pekerjaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dengan role playing (bermain peran). Mereka belajar bagaimana mengumpulkan pajak dan mengalokasikannya di antara kebutuhan yang banyak. Dari sinilah mereka memahami bahwa pengelolaan negara harus dilakukan bersama-sama.

"Artinya, kita mengatakan bahwa mereka menyadari ada fungsi yang penting dan itu dibutuhkan oleh kita semua dan mereka menghargai itu. Saya rasa it's a very very wonderful, menyenangkanlah. Senang saya sama anak-anak," ujarnya.

Reporter: IMS

76