Home Politik KPU Medan Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

KPU Medan Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Medan, Gatra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan menargetkan peningkatan partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Pihak KPU berharap partisipasi pemilih sebesar 80 persen.

Ketua KPU Medan, Agussyah Ramadani Damanik mengatakan target tersebut dinilai rasional melihat kesadaran politik masyarakat sudah meningkat. Bahkan jika membandingkan dengan beberapa pemilihan terakhir, cenderung keinginan untuk menggunakan suara terus meningkat.

Baca Juga: Harapkan Pemiih Yang Cerdas, KPU Medan Bentuk Media Center

“Pilkada lalu 74%, pilkada sebelumnya dibawahnya, dan kita berharap Pilkada mendatang 80%. karena itu kita terus melakukan sosialisasi. Dengan harapan partisipasi masyarakat semaksimal mungkin,” terangnya di Medan, Senin (2/12).

Agussyah Ramadani Damanik menambahkan bahwa salah satu upaya untuk menarik kepercayaan publik tersebut dilakukan dengan membangun kemitraan dengan media.

Baca Juga: Balon Perseorangan Diijinkan Datangi KPU Medan

 

“Kita tunjukkan kepada masyarakat, bahwa KPU melaksanakan semua tahapan dan kegiatan secara transparan. Sehingga masyarakat percaya dan nantinya bebas di beritakan. Karena media memiliki kode etik untuk itu,” katanya.

Selain itu, KPU juga akan melakukan peningkatan dan penegakan integritas dari penyelenggara. Dalam waktu dekat KPU akan melakukan rekrutmen penyelenggara ad hoc.

Baca Juga: KPU Medan Mulai Bahas Persiapan Pilkada serentak 2020

 

“Dari proses seleksi itu akan kita lakukan lebih selektif lagi agar merekrut pekerja yang profesional dan memiliki integritas yang baik. Selain itu ada juga rumah pintar pemilu,” katanya.

Selain itu pihak KPU juga akan melakukan penataan pelaksanaan dengan baik. Termasuk data pemilih akan dilakukan dengan baik. Selain itu akan dilakukan evaluasi dari kerja di waktu lalu.

Baca Juga: Terbukti Melanggar Etik, Ketua KPU Sumut Dicopot 

 

“Mana yang baik akan kita tingkatkan mana yang kurang baik akan kita perbaiki. Karena dari tren partisipasi pemilih terus naik. Tetapi juga kita ingin kualitas pemilih yang lebih baik juga,” katanya.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

158