Home Olahraga Pemprov Sumut Galakkan Sport Tourism Dongkrak Pariwisata

Pemprov Sumut Galakkan Sport Tourism Dongkrak Pariwisata

Medan, Gatra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan terus melakukan pengembangan sport tourism untuk mendongkrak pariwisata. Khususnya di Kawasan Danau Toba (KDT).

Dalam pertemuan dengan sejumlah komunitas otomotif di Sumut, Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah mengatakan bahwa kegiatan sport tourism mampu berkontribusi untuk meningkatkan kunjungan wisata dan promosi wisata.

Baca Juga: Mohon Doa, BPGKT Kawal Danau Toba di Rapat Counsil UGGp

Lelaki yang akrab disapa Ijeck mencontohkan pengalaman beberapa peserta yang mengikuti Danau Toba Rally 2019 Kejuaraan Nasional Putaran 3. "Banyak yang mengatakan kepada saya, peserta terkesan akan panorama alam Danau Toba,” katanya.

Bahkan pengakuan para perally kepada Ijek mengatakan bahwa tidak ada jalur lintasan rally yang pemandanganya seindah Danau Toba. Ditambah lagi udaranya segar, itu yang membuat perally jadi ingin agar kegiatan seperti ini menjadi event tahunan di Sumut.

Baca Juga: Arief Yahya: Danau Toba Wisata Destinasi Dunia

“Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga berkeinginan meningkatkan kegiatan-kegitan berbasis olahraga di Sumut. Gubernur juga perhatian terhadap keberlangsungan event olahraga, hal itu terlihat dengan komitmennya untuk membangun sport centre,” jelasnya.

Nantinya hampir semua cabang olahraga akan punya venue bertaraf internasional. Juga akan ada sirkuit bertaraf Internasional. Diharapkan selesai 2023. Keinginannya, agar Kejuaraan Reli Dunia atau World Rally Championship (WRC) bisa digelar di Danau Toba pada tahun 2022 mendatang.

Baca Juga: Pemerintah Gelontorkan Rp10 T untuk 5 Destinasi Wisata

Danau Toba dinilai cocok sebagai lokasi WRC, sekaligus untuk membantu mempromosikan Danau Toba ke mancanegara. "Kita inginnya membuatnya di Danau Toba karena kita ingin membantu mempromosikan Danau Toba pada dunia,” katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Ijek berharap seluruh pihak mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut. Pertemuan dengan komunitas otomotif di Sumut dihadiri oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumut, Komunitas Rally Sumut, Komunitas Drag Race dan Sprint Rally.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

116