Home Hukum Kena OTT KPK, Berikut Harta Kekayaan Bupati Sidoarjo

Kena OTT KPK, Berikut Harta Kekayaan Bupati Sidoarjo

Jakarta, Gatra.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menangkap sejumlah pihak dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur, salah satunya Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah.

Berdasarkan data e-LHKPN KPK, Rabu (8/1), tercatat harta kekayaan orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo itu sejumlah Rp60,4 miliar.

Bupati Saiful Ilah terakhir menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 30 Maret 2019. Harta kekayaan bupati dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini sejumlah Rp60,4 miliar, terdiri dari harta bergerak dan tidak bergerak.

Harta tidak bergerak Saiful Ilah berupa 25 bidang tanah dan bangunan di Sidoarjo, Kota Batu, dan Pasuruan senilai Rp32,8 miliar. Adapun harga bergeraknya senilai Rp570 juta terdiri dari sembilan unit kendaraan, yakni satu sepeda motor dan delapan mobil. Kedelapan mobilnya adalah sedan Mercedes Benz, Toyota Kijang, Honda Accord, Toyota Corolla, sedan Jaguar, dan Nissan Terrano Jeep.

Tidak hanya itu, Saiful Ilah juga memiliki harta kekayaan bergerak lainnya sejumlah Rp1,4 miliar. Dia juga memiliki kas dan setara kas sejumlah Rp25,5 miliar serta surat berharga senilai Rp63,5 juta.

194