Home Internasional Wabah Flu Cina, Jokowi Pikirkan Evakuasi, Wuhan Terkunci

Wabah Flu Cina, Jokowi Pikirkan Evakuasi, Wuhan Terkunci

Bandung Gatra.com - Pemerintahan Indonesia memastikan bakal mengevakuasi sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, Cina. Saat ini pemerintah terus mencari cara untuk mengambil langkah tersebut. Pasalnya, kota Wuhan saat ini masih ditutup oleh Pemerintah Cina akibat persebaran virus Corona.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan, Pemerintah Indonesia selalu memikirkan cara evakuasi warga Indonesia yang terisolasi di Cina. "Terkait evakuasi WNI yang ada di Wuhan dan 15 kota lain, tentu saja pemerintah memiliki opsi untuk evakuasi, tetapi kota-kota itu masih dikunci," ungkap Jokowi saat ditemui di Cimahi, Rabu (29/1).

Jokowi menyebutkan, Pemerintah Indonesia tidak bisa berbuat banyak melakukan evakuasi WNI yang terisolasi. Pasalnya, Wuhan dan sejumlah kota lain masih ditutup. Dia berharap, komunikasi WNI dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing. "Tapi sekali lagi, kota kita itu masih dikunci. Yang paling penting komunikasi antara KBRI dengan mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang ada di sana  selalu terjalin dengan baik. Yang paling penting itu," paparnya.

Meski demikian, lanjut Jokowi, pemerintahan Indonesia tidak tinggal diam. Yang bisa dilakukan saat ini yakni distribusi logistik kepada WNI yang terjebak di kota yang terkunci. "Memang nanti dalam 4 atau 5 hari ini akan fokus logistik untuk solusi sementara," pungkasnya.

Berdasarkan data Kementerian Luar Negeri per Selasa (28/1), terdapat 100 WNI di Wuhan, yang terdiri dari 84 mahasiswa dan 16 tamu mahasiswa dari tempat lain. Sedangkan, di Provinsi Hubei secara keseluruhan terdapat 243 WNI.

143