Home Kebencanaan Masyarakat Sumbang Rp66,5 Miliar ke Pemerintah

Masyarakat Sumbang Rp66,5 Miliar ke Pemerintah

Jakarta, Gatra.com - Sumbangan dari masyarakat sebesar Rp 66,5 miliar telah diterima Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 untuk menangani kasus pandemi penyakit virus tersebut.

Bantuan berupa dana atau hibah dalam negeri itu diterima melalui dua rekening, yakni Bank BNI dan Bank BRI sebesar Rp26,6 miliar serta melalui rekening relawan sebesar 40 M.

"Kami bersyukur bahwa kepedulian masyarakat baik secara individu maupun kelompok telah mendonasikan lebih dari Rp 66,5 miliar sampai saat ini kepada rekening Gugus Tugas dan rekening relawan dalam rangka untuk menangani permasalahan ini secara komprehensif,” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 dalam konferensi persnya di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (1/4).

Yuri mengatakan, bantuan tersebut akan digunakan untuk membeli kebutuhan para tenaga medis yang melakukan perawatan terhadap pasien-pasien kasus Covid-19. Kebutuhan itu berupa alat pelindung diri (APD), kebutuhan pangan para tenaga medis, hingga vitamin untuk menunjang kesehatan para tenaga medis yang menjadi lini depan dalam penanganan virus asal Wuhan itu.

Menurut data sementara, saat ini terhitung 5 ribu petugas medis yang saat ini terjun langsung ke lapangan melakukan penelusuran kontak terkait kasus positif Covid-19.

"Dari kasus yang kita dapatkan dan kemudian menelusuri kontak dekat yang ada, ini sudah melibatkan 5000 petugas kesehatan yang terjun ke tengah- tengah masyarakat untuk melakukan penyelidikan epidemologi," ungkap Yuri.

Yuri berharap, akan lebih banyak lagi tenaga medis yang dapat berkontribusi dan membantu percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. (Efs)

 

104