Home Ekonomi Warga Sumbar Terdampak Corona Dibantu Rp200 Ribu per Bulan

Warga Sumbar Terdampak Corona Dibantu Rp200 Ribu per Bulan

Padang, Gatra.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak pandemi Coronavirus. Pemerintah menyiapkan bantuan senilai Rp200 ribu untuk setiap orang. 

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menuturkan, bantuan itu akan diberikan selama tiga bulan ke depan. Keputusan itu berdasarkan hasil rapat teknis dengan beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) terkait percepatan bantuan sosial untuk masyarakat terdampak wabah virus corona di Padang, Selasa (7/4).

"Satu orang di dalam keluarga terdampak akan menerima Rp200 ribu setiap bulan selama tiga bulan. Bantuannya bisa dalam bentuk uang, atau barang," terang Nasrul kepada Gatra.com di Padang.

Menurut mantan Bupati Pesisir Selatan itu, anggarannya sudah disiapkan serta akan diserahkan ke masing-masing kabupaten dan kota. Apabila semua data warga terdampak sudah terkumpul dari masing-masing daerah, bantuan tersebut langsung diberikan kepada yang berhak.

Nasrul menyadari, pandemi virus corona berimbas besar ke berbagai sektor di Sumbar. Bukan hanya dari segi kesehatan, tapi juga mulai berdampak pada ekonomi masyarakat setempat. Tak sedikit masyarakat menengah ke bawah mulai mengeluh menghadapi dampak virus corona ini.

Dengan alasan itu, bantuan harus segera direalisasikan dan penerima mesti tepat sasaran. Warga yang berhak menerima bantuan ini, sebanyak 15 persen warga di luar daftar Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), serta di luar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Saat ini kita tengah menunggu data dari masing-masing daerah dulu. Kita harap dalam minggu ini datanya segera dikirim, agar bantuan bisa langsung disalurkan," imbuh Nasrul.

309